Tautan-tautan Akses

PBB: Diperlukan Dua Miliar Dolar Untuk Bangun Sudan Selatan


Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan telah meminta negara-negara donor memberi bantuan lebih dari 2 miliar dolar untuk membangun Sudan selatan setelah 21 tahun perang saudara di sana.

Dalam membuka konperensi dua hari di Oslo, Norwegia hari Senin, Annan menghimbau para delegasi dari 60 negara agar menghormati janji mereka dengan uang tunai dengan mengingatkan bahwa Sudan selatan akan kehabisan makanan dalam beberapa pekan lagi.

Negara seperti Norwegia, Inggris, dan Jepang menjanjikan bantuan ratusan juta dolar setelah pemerintah Sudan dan pemberontak selatan menandatangani perjanjian damai bulan Januari lalu.

Sekretaris Jenderal Kofi Annan juga mengatakan bahwa perdamaian di Sudan tidak mungkin dicapai tanpa mengakhiri pertikaian di kawasan Darfur, Sudan barat.

Sementara itu – Chad mengatakan membekukan peranannya sebagai penengah dalam krisis Darfur karena menuduh Sudan mendukung gerakan pemberontak di Chad. Pemerintah Chad menyatakan, peranannya itu hanya dapat dilanjutkan apabila Sudan membubarkan pemberontak Chad itu.

XS
SM
MD
LG