Tautan-tautan Akses

Pangeran Rainier dari Monako Meninggal pada Usia 81 Tahun


Prince Ranier
Pangeran Rainier dari Monaco meninggal hari Rabu ini pada usia 81 tahun, setelah memerintah selama lebih dari setengah abad.

Pangeran Rainier yang mengalami serangkaian gangguan kesehatan dalam beberapa tahun belakangan ini dirawat di rumah sakit pada awal Maret karena infeksi paru-paru.

Pangeran Rainier menduduki tahta negara kota Mediterania itu pada bulan Mei 1949. Selama bertahun-tahun, ia berhasil merubah Monako yang luasnya kurang dari dua km persegi dari kota kecil yang tidak terkenal di French Riviera menjadi kekuatan keuangan besar.

Pernikahannya dengan bintang film Amerika Grace Kelly pada tahun 1956 juga menarik perhatian internasional ke Monako, dan membantu kota itu menjadi salah satu kota paling glamour di dunia.

Monako meraih pendapatan besarnya dari bisnis kasino dan banyak publisitas perlombaan kelas dunia Grand Prix Formula One. Penduduk Monako tidak membayar pajak.

Putri Grace meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1982. Ia dan Pangeran Rainier memiliki tiga anak, termasuk Pangeran Albert yang berusia 47 tahun dan kini menggantikan almarhum ayahnya.

XS
SM
MD
LG