Tautan-tautan Akses

Washington Ingin Redakan Kemarahan China atas Kunjungan Presiden Taiwan


Bendera nasional China berkibar di Konsulat Jenderal China di Houston, Texas, AS, 22 Juli 2020. (REUTERS/Adrees Latif Konsulat Jenderal China di Houston).
Bendera nasional China berkibar di Konsulat Jenderal China di Houston, Texas, AS, 22 Juli 2020. (REUTERS/Adrees Latif Konsulat Jenderal China di Houston).

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden sedang berupaya mengurangi kemungkinan sikap bermusuhan dari China terkait kunjungan mendatang Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ke AS.

Presiden Tsai akan singgah di California dan New York akhir bulan ini sebelum memulai misi resmi ke Amerika Tengah. Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan pemerintahan Biden telah memberitahu Beijing bahwa para presiden Taiwan terdahulu secara rutin singgah di AS dalam perjalanan mereka ke negara-negara lain, termasuk Tsai. Tsai telah melakukan enam kunjungan persinggahan di AS antara 2016 dan 2019.

Pejabat itu mengatakan China tidak boleh menggunakan persinggahan Tsai di AS sebagai alasan untuk mengambil tindakan agresif terhadap Taiwan.

China menanggapi kunjungan ketua DPR AS ketika itu, Nancy Pelosi, ke Taiwan pada Agustus lalu dengan meluncurkan latihan militer besar-besaran selama beberapa hari di Selat Taiwan. Latihan ini mencakup penembakan rudal balistik di perairan yang memisahkan Taiwan dari China daratan.

Beijing menganggap pulau berpemerintahan demokratis itu sebagai bagian dari wilayahnya, meskipun Taiwan telah berpemerintahan sendiri sejak berakhirnya perang saudara China pada tahun 1949. Ketika itu, pasukan Nasionalis pimpinan Chiang Kai-shek diusir dari daratan China oleh pasukan Komunis pimpinan Mao Zedong. China telah bertekad akan membawa kembali pulau itu di bawah kontrolnya dengan semua cara yang diperlukan, termasuk pengambilalihan oleh militer.

AS mengubah pengakuan diplomatik terhadap China dari Taipei ke Beijing pada tahun 1979. Tetapi AS masih memberi Taiwan peralatan militer untuk pertahanan diri berdasarkan UU Hubungan Taiwan.

Berbagai media berita bulan lalu mengatakan Tsai akan berpidato di Ronald Reagan Presidential Center di dekat Los Angeles menjelang lawatannya yang dijadwalkan ke Amerika Tengah. Media juga melaporkan bahwa Ketua DPR Kevin McCarthy akan bertemu dengan Presiden Tsai dalam persinggahannya di AS. Tokoh partai Republik itu, yang mewakili distrik di California, sebelumnya menyatakan berminat untuk mengunjungi Taiwan. [uh/ab]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG