Tautan-tautan Akses

Tragedi Penembakan Texas: Jiwa-jiwa Tak Berdosa yang Pergi Terlalu Dini


Warga berkumpul di Robb Elementary School, lokasi penembakan massal di Uvalde, Texas, AS, 25 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Nuri Vallbona)
Warga berkumpul di Robb Elementary School, lokasi penembakan massal di Uvalde, Texas, AS, 25 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Nuri Vallbona)

UVALDE, TEXAS (VOA) - Tragedi penembakan di Robb Elementary School di kota kecil Uvalde, Texas, Amerika Serikat (AS), Selasa (24/5) siang, meninggalkan sepenggal kisah sedih yang tak akan terlupakan. Kenangan tentang kehidupan 19 "siswa-siswa yang dicintai” -menurut pengawas distrik sekolah- dan dua guru yang ditembak mati di balik pintu barikade sekolah dibeberkan oleh pihak keluarga dan sekolah.

Salah satu siswa yang menjadi korban penembakan tersebut adalah seorang pelari yang berprestasi. Ia begitu cepat menuntaskan nomor larinya saat turnamen berlangsung. Sementara siswa lainnya, sedang belajar bermain sepak bola dari kakeknya. Berbeda lagi dengan kisah seorang anak perempuan yang merasa ada yang tidak beres dan ingin bolos sekolah saat tragedi tersebut terjadi.

Vincent Salazar mengatakan putrinya yang berusia 10 tahun, Layla, suka berenang dan menari mengikuti video TikTok. Dia memenangkan enam perlombaan di sekolah, dan Salazar dengan bangga mengunggah foto Layla yang memamerkan dua pitanya di Facebook.

Setiap pagi, saat dia mengantarnya ke sekolah dengan mobil pikapnya, Salazar akan memainkan "Sweet Child O' Mine” yang didendangkan grup band Guns N' Roses, dan mereka akan bernyanyi bersama, katanya.

"Dia sangat menyenangkan," katanya.

'Semua Pergi Sekarang'

Manny Renfro kehilangan cucunya yang berusia 8 tahun, Uziyah Garcia, yang juga menjadi korban dalam penembakan tersebut.

"(Dia adalah) anak laki-laki termanis yang pernah saya kenal," kata Renfro. "Saya mengatakan itu bukan karena dia cucu saya."

Renfro mengatakan Uziyah terakhir mengunjunginya di San Angelo saat liburan musim semi. "Kami mulai melempar bola bersama-sama, dan saya mengajarinya pola operan. (Dia) anak kecil yang begitu cepat (belajar), dan dia bisa menangkap bola dengan sangat baik," kata Renfro. "Ada permainan tertentu yang saya sebut dia akan ingat, dan dia akan melakukannya persis seperti saat kami berlatih."

Javier Cazares mengatakan dia mengetahui pada Selasa (24/5) sore bahwa putrinya yang berusia 9 tahun, Jacklyn Cazares, terbunuh di ruang kelasnya. Dia bersama lima gadis lainnya, termasuk sepupu keduanya, Annabelle Rodriguez, memiliki sebuah geng persahabatan.

"Mereka semua pergi sekarang," kata Cazares.

Keluarga besar dari sepupu yang terbunuh berkumpul pada Rabu (25/5) untuk berkabung dan menghibur satu sama lain dengan menggelar sebuah acara barbeku.

Seorang warga setempat memegang plakat bertuliskan Doa 4 Uvalde saat mereka berduka atas korban penembakan massal di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, pada 25 Mei 2022. (Foto: AFP)
Seorang warga setempat memegang plakat bertuliskan Doa 4 Uvalde saat mereka berduka atas korban penembakan massal di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, pada 25 Mei 2022. (Foto: AFP)

Cazares menggambarkan putrinya mirip seperti “petasan” yang memiliki suara. Namun, dia tidak suka pengganggu dan juga tidak suka anak-anak diganggu."

"Secara keseluruhan, (ia) penuh cinta. Dia memiliki hati yang besar," katanya.

Veronica Luevanos, yang putrinya berusia 10 tahun, Jailah Nicole Silguero, termasuk di antara para korban. Dengan berlinang air mata ia mengatakan kepada Univision bahwa putrinya tidak ingin pergi ke sekolah pada Selasa (24/5) dan sepertinya merasakan sesuatu yang buruk akan terjadi. Sepupu Jailah juga tewas dalam tragedi penembakan itu.

Semua korban tewas berada di ruang kelas empat yang sama, di mana penembak membarikade dirinya dan menembaki anak-anak dan guru mereka, Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan pada konferensi pers pada Rabu (25/5). Dia mengatakan pria bersenjata itu menggunakan senapan semi-otomatis gaya AR-15 dan mengunggahnya di Facebook sesaat sebelum penembakan: "Saya akan menembak sebuah sekolah dasar."

Penyalaan lilin di Robb Elementary School di Uvalde, Texas, Rabu, 25 Mei 2022. (Foto: AP)
Penyalaan lilin di Robb Elementary School di Uvalde, Texas, Rabu, 25 Mei 2022. (Foto: AP)

Sehari setelah penembakan massal yang terjadi 24 Mei 2022 di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, seorang warga setempat mengimbau masyarakat untuk mengenang anak-anak dan guru yang tewas.

‘Mereka Dicintai’

Pengawas Sekolah Hal Harrell menahan air matanya ketika dia berbicara tentang anak-anak dan guru mereka.

"Anda bisa tahu dari senyum malaikat mereka bahwa mereka dicintai," kata Harrell tentang anak-anak. "Bahwa mereka senang datang ke sekolah, bahwa mereka adalah individu yang berharga."

Kedua guru "mencurahkan hati dan jiwa mereka" ke dalam pekerjaan mereka, kata Harrell.

Seorang guru yang turut menjadi korban, Eva Mireles (44 tahun), dikenang sebagai ibu dan istri yang penuh kasih. "Dia suka berpetualang. ... Dia pasti akan sangat dirindukan," kata kerabatnya Amber Ybarra, dari San Antonio, yang berusia 34 tahun.

Dalam sebuah unggahan di situs web sekolah pada awal tahun ajaran, Mireles memperkenalkan dirinya kepada siswa-siswa barunya.

"Selamat datang di kelas 4! Kita memiliki tahun yang indah di depan kita!" tulisnya. Ia menambahkan bahwa dia telah mengajar selama 17 tahun, suka olahraga lari dan hiking, dan memiliki "keluarga yang mendukung, menyenangkan, dan penuh kasih." Mireles menyebutkan bahwa suaminya adalah seorang perwira polisi distrik sekolah, dan mereka memiliki seorang putri yang sudah dewasa dan tiga "teman berbulu.”

Jemaat berkumpul untuk Misa di Gereja Katolik Hati Kudus sehari setelah seorang pria bersenjata membunuh 19 anak-anak dan dua guru di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, AS, 25 Mei 2022. (Foto: Reuters)
Jemaat berkumpul untuk Misa di Gereja Katolik Hati Kudus sehari setelah seorang pria bersenjata membunuh 19 anak-anak dan dua guru di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, AS, 25 Mei 2022. (Foto: Reuters)

Guru lain yang terbunuh, Irma Garcia, menulis kisah tentang keempat anaknya, termasuk satu yang bekerja di kesatuan Angkatan Laut, dalam sebuah surat yang memperkenalkan dirinya di depan kelas. Keponakan Garcia yang berusia 21 tahun, John Martinez, mengatakan kepada Detroit Free Press bahwa keluarga tersebut berjuang untuk menerima bahwa sementara putra Garcia dilatih untuk berperang, ibunyalah yang ditembak mati.

Kerabat Eliahna Garcia yang berusia 10 tahun mengenang cintanya pada keluarga.

"Dia sangat bahagia dan sangat ramah," kata bibi Eliahna, Siria Arizmendi, seorang guru kelas lima di SD Flores di distrik yang sama. "Dia suka menari dan berolahraga. Dia besar dalam keluarga, senang bersama keluarga."

Lisa Garza, 54 tahun, dari Arlington, Texas, berduka atas kematian sepupunya yang berusia 10 tahun, Xavier Javier Lopez, yang telah menantikan musim panas untuk berenang.

"Dia hanya seorang ... anak kecil yang penuh kasih, hanya menikmati hidup, tidak tahu bahwa tragedi ini akan terjadi," katanya. "Dia sangat ceria, suka berdansa dengan saudara laki-lakinya, ibunya. Ini baru saja merugikan kita semua."

Joseph Avila, kiri, berdoa sambil memegang bunga untuk menghormati para korban yang tewas dalam penembakan di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, 25 Mei 2022. (Foto: AP)
Joseph Avila, kiri, berdoa sambil memegang bunga untuk menghormati para korban yang tewas dalam penembakan di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, 25 Mei 2022. (Foto: AP)

Dia menyesali apa yang dia gambarkan sebagai undang-undang senjata yang mirip “karet.”

"Kita harus memiliki lebih banyak pembatasan, terutama jika anak-anak ini tidak waras dan mereka hanya ingin menyakiti orang, terutama anak-anak yang tidak bersalah pergi ke sekolah," kata Garza.

Arizmendi juga berbicara dengan marah, sambil menangis, tentang bagaimana si penembak berhasil mendapatkan pistol.

"Sulit untuk dipahami atau diungkapkan dengan kata-kata," katanya. "Saya hanya tidak tahu bagaimana orang bisa menjual senjata jenis itu kepada seorang anak berusia 18 tahun. Untuk apa dia akan menggunakannya selain untuk tujuan itu?"

Saat Ybarra bersiap untuk memberikan darah bagi korban luka-luka, dia bertanya-tanya bagaimana mungkin tidak ada seorang pun yang menyadari untuk menghentikannya.

"Bagi saya, ini lebih tentang meningkatkan kesadaran kesehatan mental," kata Ybarra, seorang pelatih kebugaran yang menghadiri Robb Elementary sendiri. "Seseorang mungkin telah melihat perubahan dramatis sebelum sesuatu seperti ini terjadi."

Bahkan bagi mereka yang selamat, ada kesedihan tersendiri yang muncul di relung hati.

Lorena Auguste adalah guru pengganti di SMA Uvald. Saat dia mendengar tentang penembakan itu, dia mulai dengan panik mengirim SMS ke keponakannya, siswa kelas empat di Robb Elementary. Kepanikan itu terus terjadi sampai Auguste mendengar dari saudara perempuannya bahwa anak itu baik-baik saja.

Auguste berkata bahwa keponakannya bertanya padanya malam itu, "Tia, mengapa mereka melakukan ini pada kami? Kami anak-anak yang baik. Kami tidak melakukan kesalahan."

Rumah Pemakaman Hillcrest Memorial, yang terletak di seberang Sekolah Dasar Robb, dalam sebuah unggahan di Facebook menyebutkan bahwa pihaknya akan membantu keluarga korban penembakan dengan menggratiskan biaya pemakaman. Halaman GoFundMe dibuat untuk banyak korban, termasuk satu atas nama semua korban yang telah mengumpulkan lebih dari $1,5 juta. [ah/rs]

XS
SM
MD
LG