Tautan-tautan Akses

Rusia Uji Coba Rudal Bertenaga Nuklir, Putin: Musuh-Musuh Moskow akan Berpikir


Rudal balistik antarbenua Sarmat meledak saat uji coba. (Foto: via AP)
Rudal balistik antarbenua Sarmat meledak saat uji coba. (Foto: via AP)

Dalam upaya unjuk kekuatan dua bulan setelah melancarkan invasi ke Ukraina, Rusia melakukan uji coba rudal balistik antarbenua baru yang memiliki kemampuan tenaga nuklir. Presiden Vladimir Putin pada Rabu (20/4) menyebut rudal tersebut akan membuat musuh-musuh Moskow tersentak dan berpikir atas pemberian yang dijatuhkan terhadap negaranya.

Dalam siaran televisi, Putin diberitahu oleh pihak militer bahwa rudal Sarmat yang ditunggu-tunggu sejak lama telah diluncurkan dalam uji coba untuk pertama kalinya dari Plesetsk di wilayah barat laut Rusia dan mengenai sasaran di Semenanjung Kamchatka, yang berlokasi hampir 6.000 km jauhnya dari lokasi peluncuran.

Uji coba rudal Sarmat, yang dikembangkan selama bertahun-tahun, tidak mengejutkan Barat. Namun uji coba itu dilakukan tepat di tengah ketegangan geopolitik yang ekstrem antara Moskow dan negara-negara Barat. Rusia belum merebut kota-kota besar di Ukraina sejak mengirim puluhan ribu tentaranya ke negara tersebut pada 24 Februari lalu.

Rudal antarbenua Sarmat baru Rusia di lokasi yang dirahasiakan di Rusia. (Foto: via AP)
Rudal antarbenua Sarmat baru Rusia di lokasi yang dirahasiakan di Rusia. (Foto: via AP)

"Rudal baru ini memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi dan mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern. Rudal ini tidak memiliki analog di dunia dan tidak akan lama lagi beroperasi," kata Putin.

“Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan menyediakan bahan pemikiran bagi mereka yang, dalam panasnya retorika agresif yang hiruk pikuk, mencoba mengancam negara kita.”

Saat mengumumkan invasi delapan minggu lalu, Putin menggarisbawahi kekuatan nuklir Rusia dan memperingatkan Barat bahwa setiap upaya untuk menghalanginya "akan membawa Anda pada konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda."

Beberapa hari kemudian, dia memerintahkan pasukan nuklir Rusia untuk waspada. "Prospek konflik nuklir, yang dulu tidak terpikirkan, sekarang kembali ke ranah kemungkinan," kata Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres pada bulan lalu.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada Rabu (20/4) bahwa Sarmat ditembakkan dari peluncur silo pada pukul 15.12 waktu Moskow.

Pasukan nuklir Rusia akan mulai menerima pengiriman rudal baru "pada musim gugur tahun ini" setelah pengujian selesai, kata Dmitry Rogozin, Kepala Badan Antariksa Roscosmos, seperti dikutip Tass, Rabu (20/4).

Rudal balistik antarbenua Sarmat meledak saat peluncuran uji coba. (Foto: via AP)
Rudal balistik antarbenua Sarmat meledak saat peluncuran uji coba. (Foto: via AP)

Waktu Simbolis

Jack Watling dari lembaga kajian RUSI di London mengatakan ada unsur sikap dan simbolisme yang terlibat, kurang dari tiga minggu sebelum parade Hari Kemenangan tahunan di mana Rusia memamerkan senjata terbarunya.

"Waktu pengujian mencerminkan keinginan Rusia untuk menunjukkan sesuatu sebagai pencapaian teknologi menjelang Hari Kemenangan, pada saat banyak teknologi mereka belum memberikan hasil yang mereka inginkan," kata Watling. .

Douglas Barrie, rekan senior untuk kedirgantaraan militer di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan peluncuran itu merupakan tonggak penting setelah bertahun-tahun tertunda karena masalah pendanaan dan tantangan desain.

Dia mengatakan lebih banyak tes akan diperlukan sebelum Rusia benar-benar dapat menempatkannya sebagai pengganti rudal SS-18 dan SS-19 yang sudah tua yang "melewati tanggal penjualannya.”

Barrie mengatakan kemampuan Sarmat untuk membawa 10 atau lebih hulu ledak dan umpan, dan opsi Rusia untuk menembakkannya di atas salah satu kutub Bumi, menimbulkan tantangan bagi sistem radar dan pelacakan berbasis darat dan satelit.

Igor Korotchenko, pemimpin redaksi majalah Pertahanan Nasional Rusia, mengatakan kepada kantor berita RIA bahwa peluncuran tersebut adalah sinyal terhadap pihak Barat bahwa Moskow mampu melakukan "pembalasan yang menghancurkan yang akan mengakhiri sejarah negara mana pun yang telah melanggar batas keamanan Rusia dan rakyatnya." [ah/rs]

XS
SM
MD
LG