Tautan-tautan Akses

Pasukan yang Didukung AS Makin Gencar Serang ISIS di Suriah Timur


Kombatan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menangkap seorang anggota ISIS.

Pasukan yang didukung Amerika telah meningkatkan kampanye melawan sisa-sisa kelompok teror ISIS di Suriah timur.

Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces/SDF) mengatakan telah menangkap puluhan anggota ISIS di provinsi Deir el-Zour, Suriah timur. SDF adalah aliansi militer yang telah menjadi mitra utama Amerika dalam perang melawan ISIS,

Dalam sebuah pernyataan pekan lalu, SDF mengatakan kampanye terbarunya adalah pembalasan atas pembunuhan dua pejabat perempuan baru-baru ini oleh ISIS. SDF menambahkan bahwa “operasi skala besar” kini dilakukan dengan sasaran kelompok teror itu “di seluruh gurun Deir el-Zour dan di perbatasan Suriah-Irak.”

Seda al-Faisal al-Hermas dan Hind Latif al-Khidr, dua pemimpin lokal di Suriah timur, dilaporkan diculik dan dibunuh oleh militan ISIS pada akhir Januari. Amerika Serikat mengutuk pembunuhan itu.

Meskipun mengalami kekalahan teritorial pada Maret 2019, ISIS terus menjadi ancaman di Suriah timur. Dalam beberapa pekan terakhir, para militan telah meningkatkan serangan terhadap warga sipil dan personel yang berafiliasi dengan SDF, terutama di Provinsi Deir el-Zour dan Hasaka.

Beberapa pemimpin suku Arab dan pegawai negeri sipil tewas dalam serangan baru-baru ini yang diklaim oleh ISIS.

Para pejabat militer Amerika mengatakan koalisi global melawan ISIS berkomitmen untuk membantu mitranya, SDF, dalam operasi melawan ISIS yang kini sedang berlangsung. [lt/em]

XS
SM
MD
LG