Tautan-tautan Akses

Kongres Sepakat Soal Bantuan Covid-19, Anggaran Pemerintah


Gedung Capitol (tengah) tampak saat matahari terbit, di Capitol Hill, Washington, 18 Desember 2019.
Gedung Capitol (tengah) tampak saat matahari terbit, di Capitol Hill, Washington, 18 Desember 2019.

Para juru runding di Kongres Amerika Serikat (AS) telah menyepakati paket bantuan ekonomi terkait Covid-19 senilai $1 triliun.

Para anggota Kongres mengumumkan kesepakatan itu pada Minggu (20/12) setelah perundingan yang berlangsung selama beberapa hari.

Kesepakatan itu akan memungkinkan pemberian tunjangan pengangguran sebesar $300 per minggu dan pembayaran stimulus sebesar $600 yang diberikan secara langsung kepada sebagian besar warga AS. Termasuk dalam paket bantuan itu adalah subsidi untuk bisnis-bisnis yang sangat terdampak, pendanaan untuk sekolah dan layanan kesehatan, serta bantuan untuk warga yang terancam diusir dari kontrakan mereka karena menunggak pembayaran.

Kesepatan akhir itu diraih setelah sengketa terkait kewenangan darurat Bank Sentral AS atau Federal Reserve, dipecahkan oleh petinggi Demokrat di Senat, Chuck Schumer, dan Senator Pat Toomey dari partai Republik.

Juru bicara Pemimpin Mayoritas DPR Steny Hoyer mengatakan DPR AS akan melakukan pemungutan suara terkait rancangan undang-undang (RUU) itu pada Senin (21/12).

Itu akan menjadi respons legislatif signifikan pertama terhadap pandemi, sejak UU CARES senilai $1,8 triliun disahkan pada Maret. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG