Tautan-tautan Akses

Klaim Pengangguran di AS Turun Drastis dalam Sepekan Terakhir


Kantor Departemen Tenaga Kerja di Queens, New York, 11 Juni 2020. (Foto: dok).
Kantor Departemen Tenaga Kerja di Queens, New York, 11 Juni 2020. (Foto: dok).

Pendaftaran baru untuk memperoleh tunjangan pengangguran di AS anjlok 48.000 minggu lalu, penurunan yang jauh lebih besar dari perkiraan para analis, tercatat menjadi 709.000, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja hari Kamis (12/11).

Penurunan itu mendorong tingkat mingguan ke titik terendah sejak awal pandemi pertengahan Maret, dan mencatat rata-rata empat minggu hingga 7 November turun menjadi 755.250, yang menurut data secara musiman turun 33.250 dibanding minggu sebelumnya.

Ekonom memperingatkan, perbaikan baru-baru ini di pasar tenaga kerja dapat terhenti di tengah meningkatnya kasus Covid-19 dan dampak kerugian yang diakibatkan oleh pandemi, sehingga menyebabkan puluhan ribu karyawan di-PHK oleh perusahaan, termasuk maskapai penerbangan, dan perusahaan-perusahaan kecil yang terpaksa tutup karena bisnis mereka tidak dapat bertahan lebih lama lagi.

Namun kemajuan itu lebih dari empat kali lipat dari perkiraan para analis, meskipun itu terjadi selama sepekan penuh pemilihan presiden AS yang ditandai dengan penghitungan suara selama berhari-hari.

Masih terdapat hampir 300.000 orang yang menerima tunjangan minggu lalu di bawah program khusus yang ditawarkan selama pandemi kepada pekerja yang dalam keadaan normal tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan. [ps/lt]

XS
SM
MD
LG