Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman: Persetujuan Brexit Mewakii Kepentingan Semua Pihak 


Anggota Parlemen Eropa dari Inggris memamerkan bendera Inggris dan Uni Eropa di Gedung Eropa, Brussels, Belgia, 29 Januari 2020.
Anggota Parlemen Eropa dari Inggris memamerkan bendera Inggris dan Uni Eropa di Gedung Eropa, Brussels, Belgia, 29 Januari 2020.

Kanselir Jerman Angela Merkel memberitahu Uni Eropa bahwa sebuah persetujuan perdagangan Brexit dengan Inggris penting bagi semua pihak, tetapi Uni Eropa harus siap seandainya persetujuan seperti itu tidak tercapai.

Merkel membuat komentar itu pada Selasa (13/10) ketika dia berbicara dalam pertemuan dari komite kawasan Uni Eropa lewat tautan video. Dia mengatakan, perundingan dengan Inggris masih berlangsung terus dan Uni Eropa akan berusaha mencapai kesepakatan dengan Inggris, meskipun waktunya tinggal sedikit. Inggris menetapkan tenggat waktu akhir tahun ini.

Sebelumnya pada Selasa (13/10), Jerman, yang kini memimpin Uni Eropa secara bergilir, menuntut inisiatif yang “substantif” dari Inggris seputar isu penangkapan ikan, penyelesaian pertikaian, dan jaminan kompetisi yang adil, poin-poin yang masih jadi pertikaian dalam pembicaraan perdagangan pasca Brexit di antara ke dua belah pihak.

Dalam sambutannya itu, Merkel juga mengatakan, pandemi Covid-19 telah memberi pelajaran kepada anggota-anggota Uni Eropa, mereka saling membutuhkan. Katanya, sebelum pandemi, negara-negara lebih mementingkan kepentingan masing-masing.

Komentar ini dibuatnya sementara Eropa menyaksikan sebuah “gelombang kedua” dari kasus Covid-19 bermunculan di banyak negara Eropa. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG