Tautan-tautan Akses

Hindari PHK, Maskapai Penerbangan AS Antri untuk Dapatkan Stimulus


Pesawat maskapai American Airlines diparkir di Tulsa, Oklahoma sebagai dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan pengurangan penerbangan secara drastis.
Pesawat maskapai American Airlines diparkir di Tulsa, Oklahoma sebagai dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan pengurangan penerbangan secara drastis.

Perusahaan penerbangan terbesar Amerika sementara menyetujui bantuan keuangan pemerintah sebesar $25 miliar untuk menggaji pegawai dan menghindari PHK besar-besaran di industri yang telah terpuruk akibat pandemi virus corona.

Bantuan itu akan mencakup baik bantuan uang tunai maupun pinjaman, dengan pemerintah mendapat jaminan yang bisa diubah menjadi kepemilikan saham kecil dalam maskapai penerbangan terkemuka.

Sepuluh maskapai termasuk Delta, American, dan South West Airlines antri setelah menolak beberapa tuntutan Departemen Keuangan. Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan hari Selasa, pihaknya akan berusaha menyelesaikan kesepakatan dan menyerahkan bantuan itu secepat mungkin.

American Airlines mengatakan, Departemen Keuangan menyetujui $5,8 miliar untuk maskapai penerbangan, dengan hibah $ 4,1 miliar dan pinjaman berbunga rendah $ 1,7 miliar.

Delta Air Lines mengatakan, pihaknya mencapai kesepakatan dengan Departemen Keuangan sebesar $ 5,4 miliar berupa hibah $ 3,8 miliar dan pinjaman $ 1,6 miliar. CEO Delta, Ed Bastian mengatakan, dengan memotong 80% dari penerbangannya dan 35.000 karyawan yang secara sukarela berhenti bekerja, akan bisa membuat Delta mengoperasikan jadwal minimal penerbangannya untuk orang-orang yang harus bepergian. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG