Tautan-tautan Akses

Astronaut AS Tolak Tuduhan Kejahatan Antariksa


Astronaut AS Anne McClain, anggota kru utama ekspedisi ke Stasiun Antariksa Internasional, sebelum peluncuran wahana antariksa Soyuz MS-11 di kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, 3 Desember 2018.

Astronaut Anne McClain telah membantah berbagai laporan bahwa dia mungkin telah melakukan kejahatan pertama di antariksa.

Istri McClain yang telah pisah rumah, Summer Worden, menuduh astronaut itu mengakses rekening bank-nya ketika sedang menjalani misi enam bulan di Stasiun Antariksa Internasional (ISS), kata harian The New York Times yang melaporkan berita itu pertama kali.

"Tidak ada kebenaran dalam klaim-klaim ini," tulis McClain di Twitter. "Kami melalui perpisahan yang menyakitkan dan tertutup, tapi sayangnya sekarang terbeber di media."

Pengacara McClain memberitahu para penyelidik bahwa astronaut itu telah mengakses rekening bank itu ketika berada di ISS untuk memonitor keuangan bersama mereka -- sesuatu yang juga Worden lakukan sepanjang hubungannya, kata laporan Times.

Worden tidak menuduh McCain memindahkan atau menggunakan uang dalam rekening itu, kata laporan Times.

Worden, seorang mantan intelijen Angkatan Udara, mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan Federal, menuduh McClain melakukan pencurian identitas guna mengecek rekening dengan tidak benar. Tak lama kemudian, keluarganya mengajukan keluhan kedua kepada Kantor Inspektur Jenderal NASA.

NASA telah memuji pencapaian McClain, mengatakan "Letkol Anne McClain telah memiliki karir militer yang hebat, menerbangkan misi tempur di Irak dan merupakan salah satu astronaut top NASA." [vm/ pp]

XS
SM
MD
LG