Tautan-tautan Akses

Exit Poll: Partai BJP Raih Mayoritas, Modi Menangkan Masa Jabatan Kedua


PM India Narendra Modi (tengah) melambai kepada para pendukungnya di New Delhi.
PM India Narendra Modi (tengah) melambai kepada para pendukungnya di New Delhi.

Exit poll menunjukkan Perdana Menteri India Narendra Modi akan mendapat masa jabatan kedua, setelah jutaan pemilih memberikan suara dalam tahap akhir pemilihan untuk menentukan pemenang 59 kursi di delapan negara bagian.

Walaupun partai Hindu Bharatiya Janata pimpinan Modi telah diproyeksikan sebagai paling depan, masih ada ketidakpastian apakah partai itu bisa mendapat mayoritas.

Tapi lima exit poll yang disiarkan televisi menunjukkan partai itu akan mendapat 287 dari 305 kursi, atau lebih dari separuh anggota DPR yang berjumlah 545 orang.

Partai Kongres yang beroposisi pimpinan Rahul Gandhi diperkirakan akan berada dibelakang partai BJP, dan dengan para sekutunya diproyeksikan akan mendapat antara 124 sampai 129 kursi.

Tapi hasil exit poll yang diadakan sebelum ini tidak selalu akurat, karena rumit dan besarnya pemilihan umum yang melibatkan 900 juta orang pemilih. Penghitungan suara diperkirakan akan selesai hari Kamis.

Ketika berkampanye, perdana menteri Modi menggunakan nada nasionalis yang kuat dan mengandalkan citra pimpinannya yang keras dan pasti dan sekaligus mengatakan bisa menghadapi musuh lama, Pakistan. India dan Pakistan terlibat bentrokan udara bulan Februari yang memicu kekhawatiran pecahnya perang. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG