Tautan-tautan Akses

Sementara Demokrat Condong ke Kiri untuk Pilpres 2020, Trump Ejek Sosialisme


Sementara Demokrat Condong ke Kiri untuk Pilpres 2020, Trump Ejek Sosialisme
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:47 0:00

Senator Vermont Bernie Sanders adalah peserta terbaru dalam arena presidensial Demokrat yang semakin ramai untuk pemilu 2020. Sanders dan beberapa anggota Demokrat lain dalam pencalonan ini mendukung pandangan progresif terkait isu-isu utama seperti ekonomi, lingkungan hidup dan perawatan kesehatan.

CR 2020 Democrats Agenda
HEAD: Sementara Demokrat Condong ke Kiri untuk Pilpres 2020, Trump Ejek Sosialisme
NUMBER: 26772827

((INTRO))
Senator Vermont Bernie Sanders adalah peserta terbaru dalam arena presidensial Demokrat yang semakin ramai untuk pemilu 2020. Sanders dan beberapa anggota Demokrat lain dalam pencalonan ini mendukung pandangan progresif terkait isu-isu utama seperti ekonomi, lingkungan hidup dan perawatan kesehatan. Sebagai tanggapan, Presiden Donald Trump dan beberapa Republikan telah menuduh Partai Demokrat sedang menuju sosialisme, memungkinkannya menjadi debat ideologis utama tahun depan. Laporan koresponden Nasional VOA, Jim Malone, dari Washington selengkapnya disampaikan Adriana Sembiring.

((NARRATOR))
Mulai dari Kamala Harris, Cory Booker hingga Elizabeth Warren, calon-calon presiden dari Partai Demokrat ini membangun semangat para pemilih yang mengikuti kampanye mereka.

Senator Vermont Bernie Sanders, yang menggambarkan dirinya sebagai Sosialis Demokrat, adalah bakal calon presiden terbaru di ladang Demokrat

((Sen. Bernie Sanders, Independent))
"Kampanye kami adalah tentang menciptakan pemerintahan dan ekonomi yang berguna bagi banyak orang, bukan hanya sedikit."

((NARRATOR))
Energi progresif ini juga terlihat jelas pada beberapa anggota Demokrat yang baru di Kongres seperti Perwakilan New York Alexandria Ocasio-Cortez, yang mendorong rencana baru yang luas untuk lingkungan hidup.


((Rep. Alexandria Ocasio-Cortez, Democrat))
"Dan saya sangat senang bahwa kita akan mengalihkan negara ini ke masa depan dan kita tidak akan terseret oleh masa lalu kita."

((NARRATOR))
Tetapi penekanan Partai Demokrat pada rencana yang terlalu jauh untuk lingkungan hidup, pajak orang kaya dan program perawatan kesehatan pemerintah yang lebih luas telah menuai kecaman dari Partai Republik dan dari Presiden Donald Trump pada saat dia berkampanye.

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan bahwa debat yang dinamis ini adalah bagian dari partai yang luas.

((Rep. Nancy Pelosi, House Speaker))
"Selamat datang di Partai Demokrat. Kita bukan stempel karet untuk siapa pun. Kita tidak monolit. Kita tidak pernah, dan siapa yang ingin memimpin partai yang digambarkan seperti itu."

((NARRATOR))
Para pemilih yang demokratis akan mencari kualitas-kualitas tertentu ketika mereka memilih calon presiden tahun depan, kata Elaine Kamarck.

((Elaine Kamarck, Brookings Institution, Lembaga kajian kebijakan publik))
"Agak muda dan agresif dan memiliki kesungguhan yang cukup untuk menghadapi tantangan di hadapan negara. Mereka akan mencari seseorang yang benar-benar tidak seperti Donald Trump."

((NARRATOR))
Tetapi kebanyakan kaum Demokrat benar-benar ingin menemukan kandidat yang dapat mengalahkan presiden, kata Jim Kessler.

((Jim Kessler, ahli strategi kebijakan di Third Way, sebuah lembaga kajian sentris terkemuka di Washington, DC))
"Jika seorang kandidat melangkah terlalu jauh ke kiri dengan agenda tipe Bernie Sanders, saya pikir kandidat tersebut rentan mengalami kekalahan dari Donald Trump, dan saya pikir banyak Demokrat secara substansial dan secara politis tidak berada di situ."

((NARRATOR))
Mantan Wakil Presiden Joe Biden dan mantan Walikota New York City Michael Bloomberg, keduanya sentris, dapat terjun ke ladang kepresidenan Demokrat dalam waktu dekat, memastikan debat yang hidup di pemilihan pendahuluan mendatang.
XS
SM
MD
LG