Tautan-tautan Akses

Iran: Upaya Eropa Pertahankan Kesepakatan Nuklir Tak Cukup


Menlu Iran Mohammad Javad Zarif berbicara di Munich, Jerman hari Minggu (17/2).
Menlu Iran Mohammad Javad Zarif berbicara di Munich, Jerman hari Minggu (17/2).

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan upaya Eropa untuk mempertahankan kesepakatan nuklir 2015 gagal dan dukungan sebagian orang Iran untuk memulai kembali program atom negara itu meningkat.

"Kami menghargai bahwa Eropa telah melakukan banyak hal secara politis. Tetapi Eropa belum siap untuk melakukan investasi. Belum siap untuk membayar ganjarannya," kata Zarif kepada delegasi di Konferensi Keamanan Munich hari Minggu (17/2).

Dia menuduh Amerika Serikat dan Israel berusaha berperang dengan negaranya.

Wakil Presiden AS Mike Pence sebelumnya menuduh Eropa membantu menopang rezim pembunuh di Teheran dengan menciptakan mekanisme yang membobol sanksi AS.

Wahana tujuan khusus yang secara resmi disebut INSTEX adalah sistem pembayaran yang dirancang untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan Eropa untuk berdagang dengan Iran dan menghindari sanksi AS, jelas pengacara sanksi Nigel Kushner dari perusahaan W Legal yang berbasis di London.

Eropa berharap Iran akan menunjukkan kesabaran, tambah Kushner. Menurutnya, Iran mau menunggu dan berharap tahun depan Presiden Donald Trump tidak akan terpilih lagi. (as)

XS
SM
MD
LG