Tautan-tautan Akses

Berbagai Ungkapan Cinta yang Menjadi Klise


Seorang penjaja balon menjual balon-balon berbentuk "hati" atau cinta menjelang Valentine's Day di Lahore, Pakistan (foto: ilustrasi).
Seorang penjaja balon menjual balon-balon berbentuk "hati" atau cinta menjelang Valentine's Day di Lahore, Pakistan (foto: ilustrasi).

“Hari Kasih Sayang” atau 'Valentine's Day' yang jatuh pada tanggal 14 Februari dirayakan sebagian orang sebagai hari untuk memperingati kasih sayang, percintaan, dan hubungan.

Ada beberapa ungkapan romantis dalam bahasa Inggris yang digunakan orang secara berlebihan selama bertahun-tahun. Ungkapan romantis itu menjadi tidak ada artinya dan menjadi klise.

“Love makes the world go ‘round” yang artinya, “cinta membuat dunia terus berputar”. Tentu saja ungkapan ini bertentangan dengan hukum fisika, karena cinta tidak membuat bumi berputar. Ungkapan ini berarti cinta adalah penting, karena hidup akan menjadi menyedihkan dan tidak ada gunanya jika tidak ada cinta.

“Love means never having to say you’re sorry” atau Anda tidak perlu meminta maaf kepada orang yang Anda cintai. Dari semua ungkapan kasih sayang, ungkapan inilah yang paling sering dibuat lelucon. Padahal meminta maaf kepada orang yang Anda cintai adalah penting.

Sedangkan dalam artikel yang ditulisnya di Psychology Today, psikolog Barbara Rose membenarkan ungkapan “cinta tidak perlu meminta maaf”. Menurutnya, jika Anda mencintai seseorang seutuhnya, maka Anda akan memaafkan segala kesalahan yang diperbuat orang tersebut, atau dengan kata lain, orang tidak perlu meminta maaf kepada Anda.

Ungkapan cinta yang juga sering digunakan dalam bahasa Inggris adalah “Love hurts” yang berarti cinta itu menyakitkan.

Bagi mereka yang pernah mengalami cinta bertepuk sebelah tangan atau tidak berbalas, cinta itu terasa sangat menyakitkan.

“Love Hurts, Love Scars, Love wounds and marks”, cinta menyakitkan, meninggalkan luka dan goresan.

Mengatakan ungkapan tersebut kepada seorang teman yang baru putus cinta tidak akan membuatnya merasa lebih baik. Ungkapan yang tidak ada artinya itu sudah sering dikatakan jutaan kali. Anda sebaiknya tidak mengatakan kata-kata klise ini kepada teman Anda. [lj/as]

XS
SM
MD
LG