Tautan-tautan Akses

Info Pasar Keuangan dan Bursa Global


Info Pasar Keuangan dan Bursa Global
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:05:19 0:00

Saham-saham AS menanjak untuk hari ke lima berturut-turut sementara saham-saham teknologi mengimbangi kelesuan dalam pasar keuangan yang dipicu oleh turunnya imbal balik obligasi pemerintah AS. Minyak mentah merosot dibawah 54 dolar per barel.

VOA Washington dengan Info Keuangan dan Bursa Global Rabu 6 Februari 2019… bersama saya, Adriana Sembiring.

Saham-saham AS menanjak untuk hari ke lima berturut-turut sementara saham-saham teknologi mengimbangi kelesuan dalam pasar keuangan yang dipicu oleh turunnya imbal balik obligasi pemerintah AS. Minyak mentah merosot dibawah 54 dolar per barel.

Pada penutupan perdagangan di bursa Wall Street Selasa sore:

Indeks Dow Jones naik 171 poin ditutup pada 25 ribu 410.
Indeks S&P 500 naik hamper 13 poin menjadi 2 ribu 737.
Indeks Nasdaq naik 54 poin ditutup pada 7 ribu 402.

Pasar saham di Eropa berakhir di kolom positif Selasa sore dengan…
Indeks FTSE 100 di London naik 143 poin menjadi 7 ribu 177,
Indeks DAX di Frankfurt Jerman naik 191 poin menjadi 11 ribu 367,
Indeks CAC 40 di Paris menanjak 83 poin menjadi 5 ribu 83.

Pasar keuangan di Tiongkok, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan ditutup Selasa karena hari libur Imlek atau Tahun Baru Cina. Indeks Nikkei di Tokyo turun 39 poin menjadi 20 ribu 844.

Dalam perdagangan valuta asing Selasa sore di Amerika, euro merosot 0,2 persen menjadi 1 dolar 41 sen, Poundsterling turun 0,6 persen menjadi 1 dolar 29 sen.... mata uang Jepang tidak berubah, diperdagangkan pada 109,95 yen per dolar. Sementara rupiah diperdagangkan pada kurs 13 ribu 961 rupiah per dolar.

Di bursa komoditi….

Harga minyak mentah WTI turun 84 sen diperdagangkan pada harga 53 dolar 72 sen per barel.

Harga emas di pasar spot naik 2 dolar 53 sen menjadi seribu 314 dolar 78 sen per troy ounce.

Sekian laporan bursa dan keuangan, saya Adriana Sembiring, VOA Washington.


Adriana Sembiring
AP-BusinessMinute
WASHINGTON (AP)
Presiden Donald Trump bisa mengunakan latar belakang ekonomi yang sebagian besar solid saat menyampaikan pidato kenegaraannya yang kedua pada Selasa malam, meskipun keberlanjutannya tetap dipertanyakan. Trump kemungkinan akan menggembar-gemborkan tanda-tanda terbaru tentang perekonomian yang kuat: laporan lapangan kerja hari Jumat menunjukkan bahwa pengusaha menambahkan pekerjaan paling banyak pada Januari dalam hampir satu tahun. Proporsi orang Amerika yang bekerja atau mencari kerja mencapai angka tertinggi dalam lima tahun. Dan laporan terpisah menunjukkan bahwa hasil produksi pabrik naik dengan laju yang sehat pada bulan Desember.
LONDON (AP)
Sebuah survei yang diamati dengan cermat menunjukkan pertumbuhan ekonomi di 19 negara zona euro merosot lebih jauh pada awal 2019 ke level terendah dalam lima setengah tahun. Perusahaan informasi keuangan IHS Markit mengatakan Selasa bahwa indeks manajer pembeliannya - ukuran aktivitas bisnis di sektor manufaktur dan jasa - turun menjadi 51,0 poin pada Januari dari 51,1 bulan sebelumnya. Angka di bawah 50 mengindikasikan kontraksi. Dengan Brexit kurang dari delapan minggu lagi, tampak jelas bahwa perekonomian Inggris macet sementara perusahaan-perusahaan bergumul dengan ketidakpastian.

AFP - Trump's controversial pick to lead World Bank could spark revolt
Pilihan Presiden Donald Trump yang kontroversial untuk pemimpin Bank Dunia dapat memicu pemberontakan terhadap dominasi AS atas institusi tersebut dan memacu anggota lainnya untuk bersatu di belakang kandidat alternatif.
Gedung Putih telah mengukuhkan kepada negara-negara sesama anggota G7 bahwa Trump akan mencalonkan pejabat Departemen Keuangan AS David Malpass, kata seseorang yang mengetahui masalah ini kepada AFP, dengan niat mempertahankan kendali AS terhadap salah satu badan global terkemuka ini.
Lembaga pinjaman yang berbasis di Washington ini telah dipimpin oleh orang Amerika sejak pendirian bank tersebut setelah Perang Dunia II, sementara lembaga sejenisnya, Dana Moneter Internasional, selalu dipimpin oleh orang Eropa.
Dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara pasar berkembang telah menantang pengaturan tidak tertulis ini, menuntut proses seleksi yang lebih terbuka dan berbasis prestasi.

AFP - China fears shake Berlin's economic principles
Ketakutan terhadap Tiongkok tampaknya akan membelokkan Jerman dari kebijakan ekonomi tanpa campur tangan pemerintah selama beberapa dekade ini, sementara Berlin merencanakan dana investasi publik untuk memblokir pengambilalihan perusahaan teknologi tinggi oleh luar negeri dan seruan untuk mega-merger baru.
Menyadari bahwa dia membuat terobosan langka, Menteri Ekonomi Peter Altmaier bersusah payah menetapkan batas untuk skema investasi publiknya, salah satu elemen "strategi industri nasional 2030" yang dia presentasikan pada konferensi pers Selasa.
"Negara hanya dapat membeli saham perusahaan dalam kasus yang sangat penting dan untuk waktu yang terbatas," kata Altmaier, menambahkan bahwa akan ada aturan yang jelas tentang kapan pemerintah harus campur tangan.
Sementara itu dia menyatakan ada "kepentingan nasional" dalam perusahaan-perusahaan besar seperti Siemens, Thyssenkrupp atau Deutsche Bank - ketiga raksasa itu telah mengalami masa pergolakan dalam beberapa tahun terakhir.
Altmaier menyarankan untuk meninjau undang-undang persaingan guna memungkinkan perusahaan Jerman dan Eropa bergabung menjadi perusahaan unggul lebih besar, lebih tangguh dalam persaingan global.


Adriana Sembiring
XS
SM
MD
LG