Tautan-tautan Akses

Virginia Tech University Bangun Rumah Tenaga Surya Terbaik di Dunia


Virginia Tech University Bangun Rumah Tenaga Surya Terbaik di Dunia
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:06 0:00

Tim fakultas dan mahasiswa Virginia Tech University secara resmi telah membangun apa yang disebut rumah tenaga surya terbaik di dunia. Keputusan itu dibuat akhir pekan lalu di Dubai ketika dewan juri mengumumkan pemenang kompetisi Solar Decathlon Middle East.

Kalau kita ingin melihat rumah masa depan, kita tidak perlu lagi menunggu.
Tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Virginia Tech University sudah menggarap desain rumah modular selama 10 tahun dan sekarang rumah itu bisa dirakit dalam waktu kurang dari seminggu.
Kata Joseph Wheeler dari Virginia Tech:

((Joseph Wheeler, Virginia Tech))
"Kami mendirikannya dalam dua hari. Kami sudah merakitnya. Semua tim lain butuh dua minggu penuh untuk membangunnya. Milik kami dibangun dalam dua hari menghasilkan tenaga listrik pada hari ketiga dari matahari."

((NARRATOR))
Waktu perakitan yang cepat adalah satu hal yang membuat rumah ini istimewa. Semua bagian rumah ini dibuat dalam modul atau komponen struktur yang digabungkan bersama-sama di lokasi untuk menjadi sebuah rumah yang berfungsi penuh.

((Joseph Wheeler, Virginia Tech))
"Kontainer kami biasanya memiliki lebar tiga kaki dan panjang sekitar dua belas kaki dan tinggi tidak lebih dari 10 kaki. Kontainer itu berisi struktur rumah. Di dalamnya ada dinding-dinding struktur yang sudah diberi insulasi. Tapi punya semua sistem pipa saluran air dan listrik yang sudah dipasang sebelumnya."

((NARRATOR))
Tampaknya seperti teknologi yang sangat tinggi, tetapi salah satu anggota tim itu mengatakan sudah selayaknya kita menginginkan rumah sepintar semua barang atau gawai yang sekarang kita miliki.

((Bobby Vance, Virginia Tech))
"Kita sudah memiliki telepon, mobil, semua bagian teknologi yang kita bawa dengan harapan perangkat itu pintar, membantu kita dalam menjalani hidup. Tapi kita pulang ke rumah dan sepertinya kita menutup semua itu."

((NARRATOR))
Tapi ini bukan hanya pencapaian akademis. Tim mengatakan mereka akan membangun rumah pertama yang berfungsi pada musim semi mendatang, dan yang mereka lakukan sekarang adalah memperkenalkan pembangunan rumah generasi berikutnya kepada dunia.

((Joseph Wheeler, Virginia Tech))
"Kami membayangkan satu hari dalam waktu dekat kita dapat pergi ke Amazon dan kita dapat memilih fitur-fitur yang kita inginkan, perkakas rumah tangga, sentuhan akhir yang kita inginkan di dapur kita dan di kamar mandi dan di kamar tidur kita, dan memasukkannya ke dalam keranjang belanja kita."

((NARRATOR))
Tim itu katanya sedang dalam pembicaraan dengan sejumlah perusahaan pembangunan rumah dan berharap dapat mulai meningkatkan kapasitas produksi rumah modular baru mereka dalam waktu dekat.
XS
SM
MD
LG