Tautan-tautan Akses

Mesir Ungkap Sarkofagus Mumi Perempuan yang Belum Pernah Dibuka


Para ahli arkeologi membuka tutup sarkofogus dalam makam TT33 di Luxor, Mesir, 24 November 2018.
Para ahli arkeologi membuka tutup sarkofogus dalam makam TT33 di Luxor, Mesir, 24 November 2018.

Pemerintah Mesir pada Sabtu (24/11) mengungkap mumi seorang perempuan dalam peti mati di Luxor, bagian selatan Mesir, yang belum pernah dibuka sejak lebih dari 3.000 tahun lalu, Reuters melaporkan.

Peti purba sarkofagus adalah salah satu dari dua temuan pada awal bulan ini oleh sebuah misi yang dipimpin Perancis di daerah utara El-Asasef, sebuah kawasan pemakaman di tepi barat Sungai Nil. Temuan pertama sudah dibuka dan diteliti oleh pejabat dinas kepurbakalaan Mesir.

“Salah satu sarkofagusnya bergaya rishi, yang berasal dari dinasti ke-17, sedangkan yang lainnya berasal dari dinasti ke-18,” kata Menteri Peninggalan Purbakala Khaled Al Anani. “Kedua makam tersebut ditemukan dengan mumi di dalamnya.”

Ini adalah pertama kalinya para pihak yang berwenang membuka sarkofagus yang belum pernah dibuka sebelumnya di hadapan media internasional.

Sebelumnya pada hari tersebut, pihak berwenang juga mengungkapkan pada daerah yang sama, sebuah makam dari penjaga kuil mumifikasi yang diidentifikasi sebagai Thaw-Irkhet-if.

Makam tersebut berisi 5 topeng berwarna dan sekitar 1.000 figur pemakaman Ushabti, patung miniatur pelayan yang melayani orang meninggal di akhirat.

Tiga ratus meter kubik puing dipindahkan selama 5 bulan untuk membuka makam yang berisikan lukisan warna-warni pada langit-langit yang menggambarkan pemilik makam tersebut dan keluarganya.

Makam yang juga berisikan mumi, kerangka, dan tengkorak, berasal dari kerajaan tengah yang hampir 4.000 tahun lalu, namun digunakan kembali selama periode terakhir.

Bangsa Mesir Kuno memumikan manusia untuk menjaga tubuh mereka di kehidupan setelah kematian (akhirat), sementara mumi hewan digunakan untuk persembahan keagamaan.

Mesir telah mengungkapkan lebih dari selusin penemuan kuno sejak awal tahun ini.

Negara tersebut berharap, penemuan-penemuan ini akan meningkatkan citranya di luar negeri lain dan menghidupkan minat wisatawan yang pernah berbondong-bondong mengunjungi kuil dan piramid. Jumlah wisatawan ke Mesir menurun setelah pemberontakan pada 2011. [vp/ft]

XS
SM
MD
LG