Tautan-tautan Akses

Literasi Media Dalam Kurikulum Sekolah


Literasi Media Dalam Kurikulum Sekolah
mohon tunggu
Embed

No media source currently available

0:00 0:02:41 0:00

Para ahli mengatakan menemukan dan berbagi informasi yang dapat diandalkan membutuhkan kewaspadaan yang lebih besar dari sebelumnya sehingga perlu diajarkan di sekolah.

Para ahli mengatakan menemukan dan berbagi informasi yang dapat diandalkan membutuhkan kewaspadaan yang lebih besar dari sebelumnya

Donald Barclay, pustakawan di Universitas California-Merced, tahun ini menerbitkan buku Fake News, Propaganda, and Plain Old Lies: How to Find Trustworthy Information in the Digital Age." Berita palsu sudah lama ada, katanya dalam wawancara baru-baru ini. Tetapi sekarang, katanya, "ada begitu banyak informasi di luar sana ... dan biaya untuk menyebarkan informasi itu sangat rendah sehingga kita mendapatkannya dari semua arah."

Dia memberikan tip yang baik untuk memeriksa berita sebelum membagikan atau menyebarkannya: periksa respons emosional kita. Saat kita marah, senang, merasa benar sendiri, itulah masa paling rentan bagi kita untuk dengan mudah percaya pada sesuatu, katanya. Saat itulah kita harus sangat berhati-hati dan bertanya pada diri sendiri, apakah ini benar?"

Dia juga memperingatkan bahwa dampak berbagi informasi palsu bisa sangat besar atau sangat buruk - seperti kasus "Pizzagate" pada bulan November 2016, ketika rumor internet tentang sebuah jaringan perdagangan anak di restoran pizza Comet Ping Pong di Washington, DC menginspirasi seorang pria North Carolina untuk mengemudi enam jam ke ibu kota negara itu dan menembakkan senapan otomatisnya ke arah pelanggan yang tidak tahu apa-apa. Untungnya tidak ada yang terluka. Pelaku ditangkap, diadili dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara.

Menurut Barclay, UU literasi media untuk siswa SD sampai SMA seperti yang baru-baru ini ditetapkan di California merupakan langkah awal yang berguna untuk membantu siswa mendapatkan informasi yang dapat dipercaya. Selain itu, tambahnya, UU tersebut dapat menghidupkan kembali minat pada jurnalisme yang baik.
XS
SM
MD
LG