Tautan-tautan Akses

Penasihat Ekonomi Trump Mengundurkan diri


Penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn dalam konferensi pers harian di Gedung Putih, 23 Januari 2018.
Penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn dalam konferensi pers harian di Gedung Putih, 23 Januari 2018.

Gedung Putih mengumumkan, Selasa (6/3), Gary Cohn, penasihat ekonomi senior Presiden Amerika Donald Trump mengundurkan diri.

"Merupakan kehormatan untuk mengabdi kepada negara dan memberlakukan kebijakan ekonomi pro-pertumbuhan untuk menguntungkan rakyat Amerika, khususnya disahkannya reformasi pajak yang bersejarah," kata Gary Cohn dalam sebuah pernyataan.

Pengunduran diri Cohn disampaikan setelah keputusan Trump untuk memberlakukan bea impor baja dan aluminium, sebuah langkah yang sangat ditentangnya. Cohn, direktur Dewan Ekonomi Nasional, memimpin perlawanan internal terhadap rencana Trump memberlakukan bea impor tersebut. Tapi Trump tetap berkeras dan menegaskan kembali, Selasa, akan memberlakukan tarif tersebut dalam beberapa hari mendatang.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, Trump mengatakan: "Gary telah menjadi penasihat ekonomi utama saya dan melakukan pekerjaan luar biasa dalam menjalankan agenda kita, membantu terlaksananya pemotongan dan reformasi pajak yang bersejarah dan kembali mendorong perekonomian Amerika. Ia punya bakat yang langka, dan saya berterima kasih atas dedikasinya kepada rakyat Amerika.

"Kepala Staf Gedung Putih, John Kelly juga memuji Cohn. "Gary telah mengabdi pada negara dengan cara hebat, mendedikasikan keahlian dan kepemimpinannya untuk menumbuhkan ekonomi Amerika dan meloloskan reformasi pajak yang bersejarah. Saya akan kehilangan dia sebagai mitra di Gedung Putih, tapi ia pergi setelah membuat dampak nyata dalam kehidupan rakyat Amerika,” kata John Kelly.

Baca: Direktur Komunikasi Gedung Putih Mengundurkan Diri

Portofolio kebijakan Cohn pencakup pajak dan pensiun, infrastruktur, sistem keuangan, energi dan lingkungan, layanan kesehatan, pertanian, ekonomi global, perdagangan dan pembangunan internasional, dan teknologi, telekomunikasi dan keamanan siber.

Ia juga berperan penting dalam memajukan agenda deregulasi presiden dan mengatur keikutsertaannya yang sukses dalam Forum Ekonomi Dunia pada Januari 2018.

Cohn adalah anggota senior staf Gedung Putih keempat yang mengundurkan diri tahun ini. Tiga lainnya, yaitu Direktur Komunikasi Hope Hicks, Wakil Direktur Komunikasi Josh Raffel dan Sekretaris Staf Ron Porter.

Mantan ketua dan COO bank investasi Goldman Sachs itu adalah salah satu dari sejumlah veteran Wall Street yang ditunjuk oleh Trump untuk menduduki jabatan senior setelah Trump memenangkan pemilu presiden 2016. [my/ds]

XS
SM
MD
LG