Tautan-tautan Akses

Menlu AS Kunjungi Thailand untuk Pembicaraan Perdagangan dan Keamanan


Menlu AS Rex Tillerson (kiri) berjabat tangan dengan PM Thailand Prayut Chan-ocha dalam pertemuan di Bangkok, Selasa (8/8).

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson melakukan kunjungan singkat ke Thailand untuk mengadakan pembicaraan mengenai perdagangan dan keamanan regional, termasuk pembahasan untuk menekan Korea Utara terkait program-program misil dan nuklirnya.

Menyusul keikutsertaannya dalam forum keamanan regional di Filipina, Tillerson, pejabat tertinggi Amerika yang mengunjungi Thailand sejak kudeta 2014, tiba di Bangkok hari Selasa untuk bertemu dengan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dan Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai.

Dalam pernyataan kepada VOA, seorang juru bicara kedutaan besar Amerika mengatakan, Menteri Luar Negeri Tillerson membahas luas kerjasama Amerika-Thailand mengenai keamanan regional, perdagangan dan investasi, serta bidang-bidang lain, termasuk melalui forum-forum regional seperti ASEAN. Ia juga mengangkat isu-isu regional dan global, termasuk ancaman keamanan dari Korea Utara, serta pembangunan di Laut China Selatan.”

Selain meminta dukungan bagi kebijakan Amerika yang dirancang untuk mengucilkan Korea Utara karena melanggar sanksi-sanksi PBB terkait program misil dan nuklirnya, Tillerson membahas isu-isu perdagangan dengan tuan rumahnya.

Thailand memiliki surplus perdagangan tertinggi ke-11 dengan Amerika yang nilainya mendekati 19 miliar dolar tahun lalu. Ini membuat Presiden Donald Trump memasukkan Thailand ke daftar negara-negara yang akan diselidiki praktik-praktik perdagangannya. Akan tetapi Thitinan

Pongsudhirak, dosen ilmu politik di Chulalongkorn University di Bangkok, mengatakan, defisit perdagangan itu berkurang tahun lalu, membuat kedua pihak lebih leluasa melakukan manuver mengenai isu-isu itu. [uh]

XS
SM
MD
LG