Tautan-tautan Akses

AS

Vanessa O’Brien, Pendaki Perempuan Pertama AS Capai Puncak Kedua Tertinggi di Dunia


Vanessa O’Brien menaklukkan puncak K2 setinggi 8.611 meters hari Jumat (28/7).

Vanessa O’Brien telah menjadi perempuan Amerika yang pertama mencapai puncak K2, puncak gunung kedua tertinggi, 8.611, meter, di dunia.

Mantan bankir yang berusia 52 tahun dari New York itu memimpin tim beranggotakan 9-orang pendaki internasional dan menancapkan bendera Amerika di puncak K2 pada hari Jumat tanggal 28 Juli.

Pegunungan itu terletak di perbatasan Pakistan dengan China dan dianggap salah satu puncak yang paling berbahaya di dunia bagi pendaki.

Tim pria Amerika pertama menaklukan pegunungan yang terjal itu 39 tahun yang lalu.

Ini adalah usaha ketiga kali oleh O’Brien mencapai puncak K2 setelah gagal tahun 2015 karena keadaan cuaca yang tidak biasa buruknya, dan tahun 2016 ketika salju longsor menimpa dan mengubur semua peralatan ekspedisi yang disimpan di CAMP-3, pangkalan operasi nya di tempat tinggi.

Cuaca buruk menghambat semua tim internasional lain mencapai puncak K2 dalam dua tahun itu.

Tim O’Brien menghabiskan waktu 16 jam dari CAMP-4 pada ketinggian 7.681 meter sampai ke puncak, waktu yang sangat lama, tetapi cuaca tidak berubah.

Dia mengatakan kepada VOA hari Senin (31/7) setelah turun dengan selamat ke camp dasar K2 pada ketinggian 5.100 meter dia sangat lelah tetapi sangat berterima kasih atas keberhasilan timnya. [gp]

XS
SM
MD
LG