Tautan-tautan Akses

Video Dramatis saat Ledakan dan Tembakan di Teheran


Polisi mengamankan lokasi makam Imam Ruhollah Khomeini pasca serangan teror di Teheran hari Rabu (7/6).

Video yang diperoleh kantor berita Associated Press menunjukkan kejadian saat bom meledak di makam Imam Ruhollah Khomeini hari Rabu (7/6) dalam serangan yang juga menyasar parlemen, menewaskan sekurangnya 12 orang.

ISIS mengaku bertanggung jawab. Serangan ini adalah serangan pertama yang diklaim oleh kelompok ekstremis Suni di negara yang dikuasai oleh Syiah itu.

Serangan-serangan itu dimulai Rabu (7/6) pagi menjelang siang ketika para penyerang bersenjata AK47 Kalashnikov dan bahan peledak menyerbu gedung parlemen itu.

Menurut stasiun televisi Iran, salah seorang penyerang kemudian meledakkan dirinya di dalam gedung di mana sidang sedang berlangsung.

Sementara penyerbuan terhadap parlemen berlangsung, kawanan bersenjata dan pengebom bunuh diri menyerang makam pemimpin revolusioner Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini, yang terletak di luar Teheran.

Menurut media pemerintah seorang penjaga keamanan tewas di sana dan salah seorang penyerang tewas oleh penjaga keamanan. Seorang perempuan juga ditangkap. Kedua serangan yang mencederai puluhan orang itu tampaknya memperdalam permusuhan dan pertikaian regional antara dua negara besar Arab Saudi dan Iran. [my/al]

XS
SM
MD
LG