Sabtu, 19 April 2014 Waktu UTC: 11:57

Berita / Dunia / Timur Tengah

Warga Palestina Kemungkinan Sambut Dingin Kunjungan Obama

Warga Palestina tidak yakin akan keseriusan Presiden Obama - yang akan berkunjung ke Timur Tengah hari Rabu - mendorong proses perdamaian di kawasan itu.

Presiden AS Barack Obama bersama PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Gedung Putih (foto: 1 September 2010). Obama akan berkunjung ke Timur Tengah Rabu mendatang.
Presiden AS Barack Obama bersama PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Gedung Putih (foto: 1 September 2010). Obama akan berkunjung ke Timur Tengah Rabu mendatang.
UKURAN HURUF - +
Kunjungan Presiden Amerika Barack Obama ke Timur Tengah hari Rabu ini kemungkinan akan disambut dingin oleh warga Palestina, yang tidak yakin akan tekadnya mendorong proses perdamaian di kawasan itu.

Kunjungan itu, menurut kantor berita Associated Press, agaknya ditujukan untuk memperbaiki hubungan yang agak tegang dengan Israel. Tapi tugas untuk mendapatkan kepercayaan warga Palestina, mungkin akan lebih sulit. Palestina, yang menghadapi berbagai kekecewaan dalam masa jabatan Presiden Obama yang pertama, tidak punya optimisme dalam masa jabatan yang baru ini.

Pengumuman Gedung Putih yang mengatakan Obama tidak akan mengajukan rencana perdamaian baru, telah memperkuat keyakinan mereka bahwa pemimpin Amerika itu tidak akan menekan Israel untuk mengakhiri kemacetan perundingan yang telah berlangsung selama empat tahun terakhir.

Obama akan datang untuk mendorong kepentingan Israel, bukan kepentingan kami, kata Mohammed Albouz, petani Palestina berusia 55 tahun. Obama akan datang dan pergi seperti para pendahulunya, dan tidak akan melakukan apapun, tambahnya.

Pemerintah Israel tampak sedang menyiapkan sambutan besar-besaran bagi Obama, tapi tidak banyak tanda kegembiraan di Tepi Barat. Poster-poster besar dengan gambar Obama yang dipasang di Ramallah minggu lalu telah dicorat-coret, dan sebuah kelompok aktivis berencana melepaskan balon-balon berwarna hitam tanda berduka ketika Obama tiba nanti.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook