Tautan-tautan Akses

AS

Obama Peringatkan Iran Batas Waktu Diplomasi Nuklir


Presiden Barack Obama memperingatkan Iran terkait batas waktu diplomasi nuklir (Foto: dok).

Presiden Barack Obama memperingatkan Iran terkait batas waktu diplomasi nuklir (Foto: dok).

Presiden Obama mengatakan kepada televisi Israel bahwa semua opsi tetap tersedia bagi Iran untuk menghentikan pembuatan senjata nuklir (14/3).

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan akan memakan waktu kira-kira satu tahun bagi Iran untuk membuat bom nuklir, tetapi mengatakan ia tidak ingin menunggu terlalu dekat ke batas waktu itu.

Obama mengatakan kepada televisi Israel bahwa semua opsi tetap tersedia dan bahwa Amerika Serikat mempunyai kemampuan yang signifikan kalau diplomasi gagal.

Wakil Penasehat Keamanan Nasional Amerika Ben Rhodes mengatakan hari Kamis (14/3) Iran sebaiknya menyadari bahwa Obama sungguh-sungguh untuk mencegah negara itu memperoleh senjata nuklir. Rhodes mengatakan presiden tidak mengeluarkan jaminan demikian tanpa tekad untuk melaksakannya.

Obama akan melakukan kunjungan pertamanya ke Israel sebagai presiden hari Rabu, yang juga mencakup persinggahan di Ramallah, Tepi Barat, dan Yordania.

Rhodes mengatakan kemampuan berbicara langsung kepada rakyat Israel adalah satu-satunya cara untuk membahas masalah seperti Iran, Suriah, dan perdamaian dengan Palestina.

Obama juga akan memperkuat dukungan Amerika pada Otoritas Palestina, yang disebut Rhodes pemimpin yang sah rakyat Palestina.
XS
SM
MD
LG