Tautan-tautan Akses

Tawaran bagi Mercusuar di New England Capai $78 Ribu


Pemerintah federal di New England hari Minggu (17/8) menutup lelang sebuah mercusuar di sana (foto: ilustrasi).
Pemerintah federal di New England hari Minggu (17/8) menutup lelang sebuah mercusuar di sana (foto: ilustrasi).

Mercusuar tertinggi di negara bagian New England, AS tampaknya akan segera memiliki pemilik baru.

Pemerintah federal di New England hari Minggu (17/8) menutup lelang “Boon Island Light Station” dengan tawaran tertinggi 78 ribu dolar bagi mercusuar yang dibangun tahun 1855 di sebuah pulau kecil yang berbatu dan terletak sekitar 6 mil dari lepas pantai Maine.

Menurut Patrick Sclafani – juru bicara US General Services Administration, pejabat-pejabat pemerintah kini memiliki waktu 30 hari untuk mengevaluasi tawaran tertinggi itu dan menuntaskan perjanjian itu. Penawar tertinggi akan diumumkan saat itu.

Sebelumnya lebih dari sepuluh pihak telah mengajukan tawaran atas mercusuar bersejarah itu.

Pemilik baru mercusuar itu akan memulai babak baru sejarah Boon Island di mana kapal Inggris “Nottingham Galley” berlabuh tahun 1710 – salah satu kapal karam paling terkenal di New England. Mercusuar pertama di kepulauan itu – yang dibangun sewaktu perang tahun 1812 – didirikan satu abad kemudian dan menara aslinya hancur akibat cuaca tahun 1831.

Rumah penjaga mercusuar dan bangunan tambahannya juga hancur, meninggalkan menara mercusuar yang terbuat dari granit setinggi 133 meter itu terisolasi di sebuah pulau dekat York.

Lelang mercusuar itu dimulai sejak Mei lalu dan awalnya diperkirakan akan berakhir tanggal 12 Agustus, tetapi pemerintah kemudian memperpanjang tenggat itu. Dokumen-dokumen lelang menunjukkan Penjaga Pantai Amerika akan mempertahankan kepemilikan dan merawat mercusuar tersebut.

Sejak tahun 2000 pemerintah federal Amerika telah menjual atau memindahtangankan pengelolaan lebih dari 100 mercusuar, di mana 68 di antaranya diserahterimakan untuk dilestarikan dan 36 dijual lewat lelang publik.

Beberapa mercusuar – karena faktor lokasi atau kondisi – sulit dijual, seperti Minots Ledge Light yang terletak di lepas karang Schituate – Massachusetts dan Graves Island Light Station yang terletak di mulut pelabuhan Boston yang terjual seharga 933.888 dolar tahun lalu.

Mercusuar Boon Island adalah yang tertinggi di New England, meskipun tingginya bukan di atas ketinggian laut di Maine. Mercusuar ini adalah salah satu dari 57 mercusuar aktif di Maine.

Pemerintah federal Amerika juga melelang Halfway Rock Light Station di Casco Bay – Maine yang sejauh ini telah menarik tiga pihak dengan tingkat tawaran mencapai 56 ribu dolar.

XS
SM
MD
LG