Sabtu, 31 Januari 2015 Waktu: 06:19

Berita / AS / Pemilu AS

Presiden Obama Dukung Pernikahan Sesama Jenis

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia percaya bahwa pasangan-pasangan sejenis seharusnya diijinkan untuk menikah.

Presiden AS Barack Obama mengatakan secara pribadi mendukung pernikahan sesama jenis di Amerika (foto: dok).
Presiden AS Barack Obama mengatakan secara pribadi mendukung pernikahan sesama jenis di Amerika (foto: dok).
Pernyataan Presiden Barack Obama itu membuka isu yang berpotensi memecah-belah sebelum pemilu presiden bulan November mendatang.

Presiden Obama menyampaikan pandangannya hari Rabu dalam wawancara dengan jaringan ABC News. Presiden Obama sebelumnya tidak dengan jelas mendukung pernikahan orang dari jenis kelamin yang sama, dengan mengatakan pandangannya terhadap isu itu masih berevolusi.

Dalam wawancara itu Presiden Obama mengatakan, “Bagi saya pribadi, penting untuk menegaskan bahwa pasangan-pasangan sejenis seharusnya dapat menikah”. Presiden Obama juga mengatakan kepada ABC, ini merupakan pandangan pribadi dan ia sampai pada kesimpulan tentang hal ini setelah beberapa tahun membahas isu itu dengan keluarga dan teman-temannya.

Pernyataan Presiden Obama muncul sehari setelah para pemilih di negara bagian North Carolina menyetujui amandemen konstitusi negara bagian itu yang mendefinisikan pernikahan sebagai bersatunya laki-laki dan perempuan.

Keputusan itu mengubah konstitusi negara bagian North Carolina yang mengatkaan bahwa “pernikahan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan merupakan satu-satunya cara membentuk rumah tangga secara hukum yang diakui” di negara bagian itu. Hukum North Carolina sudah melarang pernikahan homoseksual.

Wakil Presiden Joe Biden melalui program NBC “Meet the Press” hari Minggu, mengatakan ia “benar-benar tidak keberatan” dengan pernikahan sejenis.

Jajak pendapat Gallup yang baru menunjukkan bahwa 50 persen warga Amerika percaya pernikahan sejenis seharusnya diakui oleh hukum sebagai hal yang sah. Pew Research Center yang berkantor di Washington, bulan lalu mengeluarkan jajak pendapat yang menyatakan bahwa 47 persen warga Amerika setuju adanya pernikahan sejenis, tapi 43 persen lainnya menentang.

Iowa, Massachusetts, New Hampshire, New York, Vermont, dan District of Columbia memperbolehkan pernikahan sejenis. Negara bagian Washington juga telah melegalkan pernikahan gay. Undang-undang itu berlaku bulan Juni, kecuali ada tantangan hukum yang menghentikannya.

Bulan Maret lalu sebuah RUU untuk melegalkan pernikahan sejenis ditandatangani menjadi undang-undang di Maryland. Aturan itu dijadwalkan berlaku bulan Januari mendatang, tetapi kelompok oposisi mengatakan mereka akan mengumpulkan tanda tangan untuk membuat referendum atas isu itu bulan November nanti, memberi kesempatan bagi para pemilih di Maryland untuk mendefinisikan pernikahan.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: ahmad bashar dari: indonesia
17.05.2012 08:31
Menantang hukum Tuhan,tinggal lihat apa yang akan terjadi setelahnya...Lihatlah bentuk kelamin manusia, sudah sempurna dan sudah pas antara laki laki dan perempuan ,mengapa manusia tak waras berani coba menentang hukum ilahi..


oleh: adirianto dari: malang
16.05.2012 10:13
segera bertobatlah ini yang menyebabkan banyaknya musibah di dunia......


oleh: doli dari: merauke
15.05.2012 11:33
jangan2 obama anak pasangan orangtuanya yang sejenis. kalo begitu dia anak lahir dari mana? anak setan kale......


oleh: sohib dari: malang
15.05.2012 02:03
setiap makluk diciptakan berpasang-pasangan supaya bisa menghasilkan keturunan yang akan melanjutkan peradaban, janganlah mengatakan atas nama hak asasi yang melekat pada diri manusia untuk melegalkan hukum yang bertentangan dengan hukum alam, kebebasan juga ada ukuranya bagi manusia yang dapat berpikir dengan bijak,


oleh: Marfin Fath
10.05.2012 15:14
Bagaimana sesama jenis bisa menikah, siapa yang jadi mempelai laki-laki dan siapa yang jadi mempelai perempuan???.berfikir diluar logika dan agama betul-betul menyesatkan


oleh: nobady for every bady dari: Indonesia
10.05.2012 14:51
Sepertinya tingkat kewarasan penguni bumi ini terus menurun hampir ke ambang kegilaan, apakah mereka tidak memperhatikan siklus dunia ini berjalan?, bagaimana mungkin manusia yang memiliki akal pikiran yang sangat istimewa yang diberikan Tuhan memunculkan pemikiran yang oleh Hewan yang tidak punya akal budi pun tidak pernah dilakukan. Perkawinan sejenis itu adalah hal yang dikutuk oleh Tuhan, lupakah kita pada ummat Lot yang dibenamkan oleh Tuhan di laut hitam karna melakukan sodomi?. sadarlah wahai manusia, kembalilah kepada jati dirimu dan berjalanlah sesuai dengan hukum alam...

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
i
|| 0:00:00
...  
🔇
X
  • Seorang polisi Ukraina memeluk istrinya dalam sebuah upacara di Kharkiv, Ukraina Timur laut, sebelum keberangkatannya ke wilayah timur negara itu di mana ia akan ambil bagian dalam 'Operasi Anti-Teroris'.
  • Pemandangan dalam ruang Dewan Perwakilan Italia saat dimulainya pemungutan suara untuk pemilihan presiden baru di Roma. Anggota parlemen gagal memilih presiden baru dalam putaran pertama pada hari Kamis, menyebabkan Perdana Menteri Matteo Renzi berharap meloloskan kandidatnya hanya pada seperempat putaran ketika ambang batas suara yang diperlukan lebih rendah.

     
  • Kerabat dari pilot Yordania, Muath al-Kasaesbeh, yang ditawan ISIS,  memasang poster pilot tersebut di depan markas baru mereka di Amman. Jepang dan Yordania berada pada situasi sulit hari Jumat  untuk mencari tahu nasib dua warga negara mereka yang ditahan oleh ISIS, setelah berlalunya tenggat waktu untuk pembebasan seorang teroris yang akan dihukum mati di Amman.

     
  • Tentara keamanan perbatasan India (BSF) berpartisipasi dalam parade di Humhama, di pinggiran Srinagar. Sekitar 333 anggota polisi baru secara resmi dilantik sebagai anggota BSF setelah menyelesaikan 44 minggu pelatihan.

     
  • Musa (25 tahun) seorang penembak jitu Kurdi, duduk di reruntuhan kota Kobani, Suriah, juga dikenal sebagai Ain al-Arab. Pasukan Kurdi merebut kembali kota perbatasan Turki itu pada 26 Januari yang menjadi simbul pukulan bagi para Jihadis yang telah menduduki banyak wilayah dalam serangan mereka di Suriah dan Irak.

     
  • Kapal 'Havengore', yang pernah membawa peti Winston Churchill di sepanjang Sungai Thames, kembali melakukan perjalanan yang sama dengan membawa anggota keluarga Churchill untuk  menandai peringatan 50 tahun pemakamannya di London.

     
  • Seorang aktivis Palestina, Lema Nazeeh, beradu pendapat dengan seorang tentara Israel dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan warga Palestina dari desa Bilin di Tepi Barat, setelah terjadi unjuk rasa memprotes pemukiman Israel, di Bilin, Ramallah barat.

     
  • Tank-tank tentara Georgia ambil bagian dalam latihan militer di dekat pangkalan militer Vaziani dekat ibukota Georgia, Tbilisi.  Deputi NATO Sekretaris-Jenderal Alexander Vershbow tiba di Tbilisi untuk kunjungan dua hari yang bertujuan untuk melihat prospek Georgia berintegrasi dalam aliansi NATO.

     
  • Pemain golf Irlandia Utara Rory McIlroy melakukan pukulan dalam  putaran kedua Turnamen Omega Dubai Desert Classic 2015, di Dubai, Uni Emirat Arab.

     
  • Seorang pria berjalan di antara patung es karya seniman Peter Regli 'Monster Salju Realitas Gangguan No 320 ' dekat Gedung Flatiron di New York.

     
  • Para siswi India dari SMA Putri Saint Francis membentuk kata 'Perdamaian'  saat berpartisipasi dalam unjuk rasa 'Perdamaian dan Anti- Kekerasan ' di Secunderabad, pada ulang tahun ke-67 pembunuhan terhadap Mahatma Gandhi.

     
  • Seekor kucing liar Eropa bersembunyi dan tidur di sebuah lubang di kebun binatang Duisburg, Jerman. Jerman saat ini menghadapi musim salju dan suhu dingin di sekitar titik beku.

     
  • Pendukung tim Qatar bersorak sebelum pertandingan semi-final Kejuaraan Dunia Bola Tangan Pria ke-24 antara Qatar dan Polandia di aula serbaguna Lusail di Doha.

     
  • Seorang perempuan berjalan melalui hutan bersalju di Gunung Grosser Feldberg di wilayah Taunus dekat Frankfurt am Main, Jerman bagian barat.

     
Video

Video VOA Pop News

Setelah menggondol piala Golden Globes dan SAG, apakah Eddie Redmayne akan menggondol Oscar juga sebagai Aktor Terbaik 2015? Simak VOA Pop News kali ini, bersama Debbie Sumual-Patlis.
Video

Video Sulap Untuk Pengobatan

Sulap, selain untuk menghibur penonton, ternyata juga dapat menjadi alternatif untuk pengobatan. Seperti apa? Saksikan liputan menarik "Kampung Amerika" bersama Cak Supri Yono berikut ini. Acara ini disajikan dalam bahasa Jawa untuk pemirsa JTV Jawa Timur.
Video

Video Seruan WNI di AS Untuk Jokowi

Kontroversi menyangkut penunjukan Kapolri dan konflik dengan KPK tak luput dari perhatian internasional, termasuk media dan pengamat di Amerika Serikat. Sementara para pendukung presiden jokowi di Amerika berharap, presiden dapat melewati krisis. Selengkapnya simak liputan Tim VOA berikut ini.
Video

Video Bensin Murah, Penjualan Otomotif Bergairah

Produsen otomotif Amerika akan menerbitkan laporan penjualan. Diperkirakan, jumlah penjualan mobil bisa meningkat 13 persen berkat turunnya harga minyak dunia yang berakibat murahnya harga bensin di AS.
 Aktivitas di Facebook