Senin, 22 Desember 2014 Waktu: 00:14

Berita / AS / Pemilu AS

Presiden Obama Dukung Pernikahan Sesama Jenis

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia percaya bahwa pasangan-pasangan sejenis seharusnya diijinkan untuk menikah.

Presiden AS Barack Obama mengatakan secara pribadi mendukung pernikahan sesama jenis di Amerika (foto: dok).
Presiden AS Barack Obama mengatakan secara pribadi mendukung pernikahan sesama jenis di Amerika (foto: dok).
Pernyataan Presiden Barack Obama itu membuka isu yang berpotensi memecah-belah sebelum pemilu presiden bulan November mendatang.

Presiden Obama menyampaikan pandangannya hari Rabu dalam wawancara dengan jaringan ABC News. Presiden Obama sebelumnya tidak dengan jelas mendukung pernikahan orang dari jenis kelamin yang sama, dengan mengatakan pandangannya terhadap isu itu masih berevolusi.

Dalam wawancara itu Presiden Obama mengatakan, “Bagi saya pribadi, penting untuk menegaskan bahwa pasangan-pasangan sejenis seharusnya dapat menikah”. Presiden Obama juga mengatakan kepada ABC, ini merupakan pandangan pribadi dan ia sampai pada kesimpulan tentang hal ini setelah beberapa tahun membahas isu itu dengan keluarga dan teman-temannya.

Pernyataan Presiden Obama muncul sehari setelah para pemilih di negara bagian North Carolina menyetujui amandemen konstitusi negara bagian itu yang mendefinisikan pernikahan sebagai bersatunya laki-laki dan perempuan.

Keputusan itu mengubah konstitusi negara bagian North Carolina yang mengatkaan bahwa “pernikahan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan merupakan satu-satunya cara membentuk rumah tangga secara hukum yang diakui” di negara bagian itu. Hukum North Carolina sudah melarang pernikahan homoseksual.

Wakil Presiden Joe Biden melalui program NBC “Meet the Press” hari Minggu, mengatakan ia “benar-benar tidak keberatan” dengan pernikahan sejenis.

Jajak pendapat Gallup yang baru menunjukkan bahwa 50 persen warga Amerika percaya pernikahan sejenis seharusnya diakui oleh hukum sebagai hal yang sah. Pew Research Center yang berkantor di Washington, bulan lalu mengeluarkan jajak pendapat yang menyatakan bahwa 47 persen warga Amerika setuju adanya pernikahan sejenis, tapi 43 persen lainnya menentang.

Iowa, Massachusetts, New Hampshire, New York, Vermont, dan District of Columbia memperbolehkan pernikahan sejenis. Negara bagian Washington juga telah melegalkan pernikahan gay. Undang-undang itu berlaku bulan Juni, kecuali ada tantangan hukum yang menghentikannya.

Bulan Maret lalu sebuah RUU untuk melegalkan pernikahan sejenis ditandatangani menjadi undang-undang di Maryland. Aturan itu dijadwalkan berlaku bulan Januari mendatang, tetapi kelompok oposisi mengatakan mereka akan mengumpulkan tanda tangan untuk membuat referendum atas isu itu bulan November nanti, memberi kesempatan bagi para pemilih di Maryland untuk mendefinisikan pernikahan.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: ahmad bashar dari: indonesia
17.05.2012 08:31
Menantang hukum Tuhan,tinggal lihat apa yang akan terjadi setelahnya...Lihatlah bentuk kelamin manusia, sudah sempurna dan sudah pas antara laki laki dan perempuan ,mengapa manusia tak waras berani coba menentang hukum ilahi..


oleh: adirianto dari: malang
16.05.2012 10:13
segera bertobatlah ini yang menyebabkan banyaknya musibah di dunia......


oleh: doli dari: merauke
15.05.2012 11:33
jangan2 obama anak pasangan orangtuanya yang sejenis. kalo begitu dia anak lahir dari mana? anak setan kale......


oleh: sohib dari: malang
15.05.2012 02:03
setiap makluk diciptakan berpasang-pasangan supaya bisa menghasilkan keturunan yang akan melanjutkan peradaban, janganlah mengatakan atas nama hak asasi yang melekat pada diri manusia untuk melegalkan hukum yang bertentangan dengan hukum alam, kebebasan juga ada ukuranya bagi manusia yang dapat berpikir dengan bijak,


oleh: Marfin Fath
10.05.2012 15:14
Bagaimana sesama jenis bisa menikah, siapa yang jadi mempelai laki-laki dan siapa yang jadi mempelai perempuan???.berfikir diluar logika dan agama betul-betul menyesatkan


oleh: nobady for every bady dari: Indonesia
10.05.2012 14:51
Sepertinya tingkat kewarasan penguni bumi ini terus menurun hampir ke ambang kegilaan, apakah mereka tidak memperhatikan siklus dunia ini berjalan?, bagaimana mungkin manusia yang memiliki akal pikiran yang sangat istimewa yang diberikan Tuhan memunculkan pemikiran yang oleh Hewan yang tidak punya akal budi pun tidak pernah dilakukan. Perkawinan sejenis itu adalah hal yang dikutuk oleh Tuhan, lupakah kita pada ummat Lot yang dibenamkan oleh Tuhan di laut hitam karna melakukan sodomi?. sadarlah wahai manusia, kembalilah kepada jati dirimu dan berjalanlah sesuai dengan hukum alam...

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
i
|| 0:00:00
...  
🔇
X
  • Javier Yanez berdiri di balkon rumahnya dimana ia menggantung bendera Amerika Serikat dan bendera Kuba di Old Havana, Kuba. Setelah pengumuman mengejutkan pada hari Rabu mengenai pemulihan hubungan diplomatik antara Kuba dan AS, banyak warga Kuba menyatakan harapan bahwa itu berarti dibukanya akses yang lebih besar pada pekerjaan dan terangkatnya perekonomian mereka yang terpuruk.

     
  • Seorang legislator Pakistan menaruh bunga di sebuah lokasi peringatan di Islamabad untuk mengenang para siswa dan guru yang dibunuh oleh militan Taliban di sebuah sekolah yang dikelola oleh militer di Peshawar pada hari Selasa.

     
  • Para pendukung gerakan Gulen mengibarkan bendera Turki ketika mereka berkumpul di luar Istana Keadilan (Justice Palace) di Istanbul. Pengadilan Turki menahan seorang eksekutif media dan tiga orang lainnya pada hari  persidangan yang ditunda hari Jumat dengan tuduhan mereka terlibat kelompok teroris, dalam sebuah kasus dimana Presiden Tayyip Erdogan bersikukuh mempertahankan keputusannya itu sebagai jawaban terhadap"'operasi kotor" oleh musuh-musuhnya.

     
  • Seorang anak penjual topi dan topeng Santa Claus terlihat di persimpangan lalu lintas, di Bangalore, India. Meskipun pemeluk Nasrani hanya mencapai dua persen lebih dari populasi India yang mencapai 1 milyar lebih dimana Hindu menjadi agama utama, Natal dirayakan dengan cukup meriah di negara itu.

     
  • Polisi perbatasan Israel menahan seorang pengunjuk rasa Palestina setelah acara doa untuk Menteri Kabinet Palestina Ziad Abu Ain, yang jatuh segera setelah protes pada tanggal 10 Desember di desa Turmus Aya, di wilayah Tepi Barat, ketika mereka bentrok dengan pasukan Israel di dekat desa tersebut di luar Ramallah.

     
  • Tiga nelayan melihat ke arah Gunung Gamalama yang menyemburkan abu ke udara saat meletus di Ternate, Pulau Maluku.  Indonesia menutup sementara sebuah bandara domestik setelah gunung yang terletak di bagian timur Indonesia itu memuntahkan abu setinggi  ratusan meter ke udara.

     
  • Para guru dan siswa berdiri dalam formasi bunga teratai untuk menandai ulang tahun ke-15 kembalinya daerah administratif khusus Macau ke China di sebuah SD di Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China timur. Presiden Cina Xi Jinping mengunjungi Macau untuk perayaan ulang tahun itu.

     
  • Tiga dari empat anak cheetah kembar empat yang baru lahir tampak di kandang mereka di kebun binatang Praha, Republik Ceko. Keempatnya lahir pada 21 November 2014. Para ilmuwan mengatakan kelahiran seekor cheetah sangat penting untuk menyelamatkan spesies itu, yang terancam punah.

     
  • Gelombang laut memukul kapal tanker Indonesia yang kandas di Narathiwat di Thailand Selatan. Kapal tanker itu yang sarat dengan minyak sawit dan sebelumnya dibajak oleh awaknya dan kemudian disita oleh otoritas Thailand, berlabuh sekitar 400 meter dari pantai tapi angin kencang dan gelombang melepaskan kapal itu kembali ke laut.

     
  • Pohon Natal dengan lampu-lampunya terlihat di kota tua di Kaunas, Lithuania.

     
  • Dua petugas pembersih jendela dalam kostum  kuda dan kambing, binatang zodiak, membersihkan kaca luar sebuah hotel di Tokyo. Dalam acara akhir tahun serah terima "zodiak" , petugas dengan kostum tahun kuda yang akan berlalu menyerahkan alat pembersih jendela kepada petugas dengan zodiak selanjutanya yang berkostum kambing.

     
  • Seorang penonton dengan hiasan kepala menonton pertandingan kelima dan terakhir  pertandingan dunia antara Pakistan dan Selandia Baru di Stadion Kriket Internasional Zayed di Abu Dhabi, UEA.

     
  • Gambar yang diambil hari Jumat dari puncak menara al-Hamra menunjukkan pemandangan kota Kuwait saat matahari terbenam. Menara ini merupakan pencakar langit tertinggi di Kuwait dan salah satu dari 10 menara tertinggi di dunia.

     
  • Orang-orang berjalan di sebuah pusat perbelanjaan yang dihiasi dengan lampu Natal di Berlin, Jerman.

     
Video

Video Gamelan Sari Raras

Gamelan Sari Raras yang merupakan bagian dari Departemen Musik, University of California Berkeley (UC Berkeley). Dibentuk sejak tahun 1988 oleh Midiyanto, pengajar gamelan di UC Berkeley dan Ben Brinner, kepala Departemen Musik. Selengkapnya simak liputan Tim VOA berikut ini.
Video

Video Film 'The Interview' Batal Putar

Sony Pictures diperkirakan rugi sekitar 100 juta dolar karena batalnya pemutaran film "The Interview" akibat ancaman serangan ke bioskop-bioskop yang menayangkannya. Film komedi ini adalah kisah fiktif tetapi diprotes Korea Utara karena menampilkan upaya pembunuhan Kim Jong Un.
Video

Video Menetas Generasi Muda Pecinta Lingkungan

Organisasi nirlaba The Nature Conservancy mengajak siswa 25 sekolah kejuruan lingkungan Amerika berkenalan lebih dekat dengan alam. Mereka bertahan hidup 2 minggu tanpa teknologi yang biasa digunakan. Ikuti aktivitas mereka di Santa Rosa Plateau, California, bersama tim VOA.
Video

Video Bertani dengan Mikroba

Terlepas dari pandangan bahwa mikroba merupakan perusak dan penyebab penyakit tanaman dan ternak, banyak negara justru menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Apa upaya Amerika Serikat? Ikuti dalam liputan tim VOA dari North Carolina.
 Aktivitas di Facebook