Tautan-tautan Akses

Terperangkap Skandal Suap, PM Korea Selatan Letakkan Jabatan


Perdana Menteri Korea Selatan Lee Wan-koo (Foto: dok).
Perdana Menteri Korea Selatan Lee Wan-koo (Foto: dok).

Perdana Menteri Korea Selatan Lee Wan-koo berulang kali menyangkal telah menerima uang suap sejumlah $27.000, bahkan memberitahu wartawan, jika itu benar, dia bersedia "mengakhiri" hidupnya.

PM Korea Selatan Lee Wan-koo mengajukan diri untuk mundur dari jabatannya setelah terperangkap dalam sebuah skandal suap. PM Lee dihadapkan pada tuduhan telah menerima dana gelap dari seorang pengusaha yang melakukan bunuh diri awal bulan ini.

Tak lama sebelum kematiannya, pengusaha itu, Sung Wan-jong, memberitahu media bahwa dia telah menyuap beberapa pejabat tinggi pemerintah, termasuk Lee. Sung kemudian ditemukan gantung diri di sebuah pohon di Seoul.

Dalam kantongnya, terdapat daftar nama delapan pejabat yang katanya menerima dana gelap itu. Sebagian besar pejabat, termasuk Lee, diduga sekutu dekat Presiden Park Geun-hye. PM Lee berulang kali menyangkal telah menerima uang suap sejumlah $27.000, bahkan memberitahu wartawan, jika itu benar, dia bersedia "mengakhiri" hidupnya.

Presiden Park, yang saat ini melawat ke Amerika Latin, belum memutuskan apakah akan menerima pengunduran diri perdana menteri. Presiden Park berkali-kali mengalami kesulitan dalam menunjuk seorang perdana menteri, yang sebagian besar merupakan jabatan seremonial saja.

Beberapa calon perdana menterinya dan pilihan anggota kabinetnya terpaksa mengundurkan diri setelah timbul pertanyaan-pertanyaan tentang perilaku masa lalu mereka.

Recommended

XS
SM
MD
LG