Tautan-tautan Akses

PM Jepang Kirim Sesaji Ritual ke Kuil Kontroversial


Sesaji ritual kiriman PM Jepang Shinzo Abe terlihat dipsang di Kuil Yasukuni di Tokyo dalam peringatan Festival Musim Semi, 21 April 2015.

Sesaji ritual kiriman PM Jepang Shinzo Abe terlihat dipsang di Kuil Yasukuni di Tokyo dalam peringatan Festival Musim Semi, 21 April 2015.

Kuil di pusat kota Tokyo itu menghormati 2,5 juta orang Jepang yang gugur, termasuk beberapa penjahat perang terpidana dari masa PD II. Terakhir kali PM Jepang Shinzo Abe mengunjungi kuil itu pada tahun 2013.

Tokyo yang dianggap banyak tetangga Jepang sebagai simbol imperialisme masa lalu negara itu. Abe mengirim tanaman pot tradisional ke Kuil Yasukuni, hari Selasa, hari pertama dari festival musim semi yang berlangsung tiga hari, kata petugas di kuil itu.

Sesaji perdana menteri itu kemungkinan akan menggusarkan banyak orang di Tiongkok dan Korea Selatan, dua korban utama agresi kolonial Jepang pada PD II. Namun, sesaji itu berarti Abe mungkin tidak akan mengunjungi kuil Shinto tersebut, satu tindakan yang akan banyak menuai kecaman yang lebih tajam.

Kuil di pusat kota Tokyo itu menghormati 2,5 juta orang Jepang yang gugur, termasuk beberapa penjahat perang terpidana dari masa PD II. Terakhir kali Abe mengunjungi kuil itu pada tahun 2013.

Dia membenarkan tindakannya itu dengan mengatakan, adalah wajar baginya untuk memberi penghormatan kepada orang-orang yang gugur dalam peperangan di negaranya.

XS
SM
MD
LG