Tautan-tautan Akses

India Tuduh Pakistan Tewaskan 2 Tentaranya di Kashmir


Pasukan penjaga perbatasan India melakukan patroli di wilayah Kashmir-India (foto: dok). India menuduh Pakistan menewaskan 2 tentaranya dalam bentrokan di perbatasan.
Pasukan penjaga perbatasan India melakukan patroli di wilayah Kashmir-India (foto: dok). India menuduh Pakistan menewaskan 2 tentaranya dalam bentrokan di perbatasan.

India mengatakan tentara Pakistan telah menembak dan menewaskan dua tentara India dekat perbatasan yang disengketakan kedua negara di Kashmir.

Militer India mengeluarkan pernyataan hari Selasa (8/1), dua hari setelah Pakistan mengatakan salah seorang tentaranya tewas di daerah tersebut.

Militer India mengatakan tentaranya sedang berpatroli Selasa dekat kota Mendhar ketika pasukan Pakistan menyeberang ke wilayah Kashmir yang dikuasai India. Mereka mengatakan pasukan Pakistan mundur setelah tembak-menembak.

Seorang pejabat militer India mengatakan tubuh salah seorang tentara itu kemudian ditemukan dalam keadaan dimutilasi di Kashmir.

Pejabat India lain menyebut insiden itu sebagai "peningkatan" besar dalam "serangkaian pelanggaran gencatan senjata oleh pasukan Pakistan."

Militer Pakistan membantah pasukannya melakukan serangan tak beralasan dan mengatakan laporan tersebut adalah "propaganda India untuk mengalihkan perhatian dunia dari serangan pasukan India pada hari Minggu terhadap pos Pakistan, di mana tentara Pakistan tewas."

Pada hari Minggu, Pakistan mengatakan pasukan India menyeberangi perbatasan yang disengketakan yang disebut "Garis Kontrol" dan menyerang sebuah pos militer Pakistan. Mereka mengatakan pasukan India mundur setelah tembak-menembak.

Insiden itu menewaskan seorang tentara Pakistan dan melukai dua orang lainnya. Pakistan memprotes serangan India itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG