Kamis, 23 Oktober 2014 Waktu UTC: 05:12

Berita / Gaya Hidup / Religi

Asap Hitam Mengepul, Paus Baru Belum Terpilih

Asap hitam mengepul dari Kapel Sistina, Vatikan, hari Selasa, menunjukkan para kardinal belum memilih Paus baru dalam pertemuan pertama konklaf rahasia.

Asap hitam mengepul dari cerobong asap di Kapel Sistina, Vatikan hari Selasa (12/3) pertanda belum terpilihnya Paus baru dalam konklaf para kardinal.
Asap hitam mengepul dari cerobong asap di Kapel Sistina, Vatikan hari Selasa (12/3) pertanda belum terpilihnya Paus baru dalam konklaf para kardinal.
Kardinal Katolik Roma akan bertemu lagi di Vatikan hari Rabu untuk upaya kedua memilih pengganti Paus Benediktus, yang mengundurkan diri bulan lalu.

Asap hitam mengepul dari Kapel Sistina, Vatikan, hari Selasa, menunjukkan para kardinal belum memilih Paus baru dalam pertemuan pertama konklaf rahasia. Asap hitam terlihat oleh ribuan orang yang kehujanan, menantikan hasil konklaf di Lapangan Santo Petrus.

Kalau para kardinal sudah menyepakati Paus baru, asap putih akan mengepul dari cerobong asap di atap kapel dan lonceng-lonceng di basilika Santo Petrus akan berdentang.

Berjubah merah, para kardinal itu masuk ke kapel, dipimpin uskup yang memegang salib dan lilin sambil berdoa, memohon bantuan dalam memilih Paus mendatang. Begitu masuk, setiap kardinal disumpah menjaga rahasia, tidak akan membeberkan apapun yang dibahas dalam konklaf itu, yang akan berlangsung beberapa hari.

Kelompok itu akan tetap terisolasi dari dunia luar sampai Paus baru terpilih. Untuk terpilih, Paus baru harus mendapat setidaknya 77 suara dari 115 kardinal, yang merupakan mayoritas dua pertiga. Sekarang ini belum ada unggulan yang jelas.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook