Tautan-tautan Akses

Vatikan: Kardinal akan Mulai Konklaf Hari Selasa


Para kardinal Katolik Roma akan memulai konklaf untuk memilih pengganti Paus Benediktus hari Selasa 12/3 di Vatikan (foto: dok).

Para kardinal Katolik Roma akan memulai konklaf untuk memilih pengganti Paus Benediktus hari Selasa 12/3 di Vatikan (foto: dok).

Vatikan mengatakan para kardinal Katolik Roma akan mengadakan rapat hari Selasa untuk memulai konklaf yang diperlukan untuk memilih pengganti Paus Benediktus.

Para kardinal memutuskan untuk memulai konklaf itu hari Selasa (12 Maret) dalam rapat hari Jumat di Vatikan. Konklaf, ritual yang telah menjadi tradisi ratusan tahun, akan dilakukan di Kapel Sistina. Vatikan tampaknya ingin memiliki paus baru sebelum perayaan Paskah tanggal 31 Maret.

Ke-115 kardinal yang layak memilih paus ikut dalam pertemuan hari Jumat itu. Mereka semua akan memberikan suara dalam konklaf, sampai satu orang memperoleh dukungan paling tidak dua pertiga, atau 77 suara. Hanya kardinal yang usianya dibawah 80 tahun layak memberikan suara.

Para kardinal telah mengadakan rapat-rapat tertutup pekan ini di Roma untuk merencanakan tanggal konklaf, tradisi yang sudah berabad-abad untuk memilih paus baru.

Paus Benediktus mengundurkan diri bulan lalu setelah hampir delapan tahun menjabat. Dia adalah pemimpin Gereja Katolik Roma pertama yang mundur secara sukarela dalam 600 tahun ini. Dia telah berjanji akan taat kepada paus berikutnya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG