Tautan-tautan Akses

Setujui Permintaan Turki, NATO akan Gelar Misil di Perbatasan Suriah


NATO menyetujui permintaan Turki untuk menggelar pertahanan anti misil 'Patriot' di perbatasan Turki-Suriah (foto: dok).
NATO menyetujui permintaan Turki untuk menggelar pertahanan anti misil 'Patriot' di perbatasan Turki-Suriah (foto: dok).

NATO hari Selasa bersedia menggelar misil Patriot ke perbatasan Turki untuk membela Turki terhadap berbagai ancaman dari Suriah.

“Dalam menanggapi permintaan Turki, NATO memutuskan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara Turki guna membela populasi dan wilayah Turki”, kata para menteri luar negeri NATO dalam sebuah pernyataan.

Turki salah satu anggota NATO pertama kali meminta bantuan setelah mortir tentara Suriah mendarat di perbatasannya bulan Oktober dekat kubu pertahanan pemberontak.

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan keprihatinan bahwa pemerintah Suriah yang terpojok mungkin akan beralih ke senjata kimia untuk melawan pemberontak menambah gentingnya isu itu. Ia menyebut penggunaan senjata kimia “benar-benar tidak bisa diterima” dan mengatakan akan menyebabkan “reaksi segera”.

Presiden Amerika Barack Obama hari Senin memperingatkan bahwa ia ingin Presiden Bashar al-Assad tahu bahwa penggunaan senjata kimia adalah sebuah “kesalahan tragis” yang akan mengakibatkan sejumlah konsekwensi.

Kementrian luar negeri Suriah menanggapinya dengan mengatakan Suriah “tidak akan menggunakan senjata kimia, walaupun Suriah memilikinya dalam keadaan apapun tidak akan pernah menggunakannya terhadap rakyatnya sendiri.

Recommended

XS
SM
MD
LG