Tautan-tautan Akses

AS

Clinton Peringatkan Suriah Soal Senjata Kimia


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton menegaskan kembali sikap Amerika terhadap Suriah terkait penggunaan senjata kimia di Praha (3/12).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton menegaskan kembali sikap Amerika terhadap Suriah terkait penggunaan senjata kimia di Praha (3/12).

Negara-negara Barat menolak intervensi militer langsung bagi krisis di Suriah, namun memperingatkan akan memberi tanggapan sebaliknya apabila pemerintah mempergunakan senjata kimia.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengecam perilaku pemerintah Suriah terhadap rakyatnya. Berbicara kepada wartawan hari Senin di Praha, Clinton juga menegaskan kembali peringatan Amerika terhadap Suriah terkait penggunaan senjata kimia. Menurut Clinton, isu ini akan tetap merupakan "garis merah” yang bila dilanggar akan memicu aksi Amerika.

Negara-negara Barat menolak intervensi militer langsung bagi krisis di Suriah yang telah berlangsung 20 bulan, namun memperingatkan akan memberikan tanggapan sebaliknya apabila Pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia.

Di Suriah hari Senin, para aktivis oposisi menyatakan pasukan pemerintah membombardir daerah-daerah pinggir kota Damaskus, sehari setelah melancarkan serangan udara maut dan serangan roket terhadap daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.

Para pejuang yang menentang Presiden Bashar al-Assad telah berusaha menguasai kawasan di sekitar Damaskus dari kubu-kubu pertahanan mereka di pinggiran kota itu.
Sementara itu, Departemen Luar Negeri Amerika menyatakan berharap NATO akan menyetujui rencana menggelar misil-misil Patriot di dekat perbatasan Turki dengan Suriah. Turki telah meminta NATO menggelar misil-misil tersebut untuk memperkuat pertahanan udaranya.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri hari Senin menyatakan, jika NATO menyetujui rencana tersebut, kemungkinan besar hanya perlu beberapa pekan sebelum misil tersebut digelar. Para menteri luar negeri NATO akan bertemu Selasa dan Rabu ini di Brussels. Sekutu Suriah, Rusia, telah mengingatkan bahwa penggelaran misil itu tidak akan mendorong stabilitas di kawasan.
XS
SM
MD
LG