Tautan-tautan Akses

Perusahaan Telkom Jepang Beli Operator Ponsel AS


Presiden Softbank Corp Masayoshi Son (kiri) berjabat tangan dengan Dan Hesse, CEO Sprint Nextel Corporation di Tokyo, Jepang (15/10).
Presiden Softbank Corp Masayoshi Son (kiri) berjabat tangan dengan Dan Hesse, CEO Sprint Nextel Corporation di Tokyo, Jepang (15/10).

Softbank Corporation membayar lebih dari 20 miliar dolar untuk membeli 70 persen saham Sprint Nextel Corporation, operator layanan ponsel terbesar ketiga di AS.

Sebuah perusahaan telekomunikasi Jepang melakukan akuisisi terhadap perusahaan operator ponsel Amerika. Akuisisi perusahaan asing tersebut merupakan yang terbesar di Jepang selama ini.

Operator ponsel terbesar ketiga Jepang, Softbank Corporation, Senin menyatakan membayar lebih dari 20 miliar dolar untuk membeli 70 persen saham Sprint Nextel Corporation, operator layanan nirkabel terbesar ketiga di Amerika.

Transaksi ini akan membuat Softbank menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia, dengan 90 juta lebih pelanggan. Hal ini juga memberi Sprint Nextel suntikan dana segar untuk membantunya menantang pesaing-pesaing yang lebih besar di Amerika, Verizon Wireless dan AT&T.

Direktur eksekutif Softbank, Masayoshi Son, menyatakan tidak mudah memasuki pasar telekomunikasi Amerika yang besar dan sedang berkembang itu. Tetapi ia menyatakan akan lebih berisiko bagi perusahaan itu jika membatasi operasinya di Jepang saja, di mana penjualan ponsel baru merosot selama lima tahun belakangan.

Son mengatakan ia yakin akuisisi oleh perusahaannya akan berlangsung sukses.

Recommended

XS
SM
MD
LG