Tautan-tautan Akses

Yunani Bersikeras Tak Akan Minta Dana Talangan Baru


Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis menghadiri konferensi tahunan Institute for New Economic Thinking (INET) di Paris (9/4). (Reuters/Charles Platiau)

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis menghadiri konferensi tahunan Institute for New Economic Thinking (INET) di Paris (9/4). (Reuters/Charles Platiau)

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengatakan bahwa Yunani bisa bertahan tanpa dana talangan baru, tetapi “hanya apabila utangnya saat ini direstrukturisasi.”

Yunani telah mengatakan tidak akan meminta dana talangan baru dari para kreditor internasionalnya apabila mereka merestrukturisasi utang negara itu.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengatakan dalam wawancara dengan surat kabar Yunani, Efimerida ton Sindakton, Sabtu (2/5) bahwa Yunani bisa bertahan tanpa dana talangan baru, tetapi “ini hanya bisa terjadi apabila utangnya saat ini direstrukturisasi.”

Namun, para kreditornya, Uni Eropa (EU), Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan itu tidak mungkin.

Meskipun Varoufakis menyebut Eurozone sebagai “sistem moneter umum yang goyah” yang “apabila tidak diubah, akan gagal,” dia menepis kemungkinan Yunani meninggalkan kelompok euro itu.

Varoufakis mengatakan mengambil langkah mundur hanya akan menimbulkan “situasi negatif yang tidak dapat diprediksi.”

Yunani memulai kembali pembicaraan dengan para kreditornya pekan lalu, dalam upaya untuk memperoleh 8 milyar dolar dari paket dana talangan sekarang ini dari EU-IMF.

XS
SM
MD
LG