Tautan-tautan Akses

Zona Eropa Abaikan Spekulasi Rencana Keluarnya Yunani


Demonstran di Inggris menunjukkan solidaritas kepada Yunani di (15/2).

Demonstran di Inggris menunjukkan solidaritas kepada Yunani di (15/2).

Yunani dikritik karena tidak bersikap proaktif dalam mempersiapkan dan mengajukan langkah-langkah reformasi yang diminta serta tidak menghargai tenggat yang kian dekat.

Menteri-menteri keuangan Uni Eropa yang sedang bertemu di ibukota Latvia, Riga, hari Sabtu (25/4) tidak membesar-besarkan spekulasi bahwa mereka sedang menyusun rencana menghadapi kemungkinan Yunani keluar dari zona Euro.

Mereka juga menyatakan harapan bahwa kritik dari sesama anggota zona akan mendorong Yunani untuk menerapkan reformasi ekonomi yang diperlukan guna mencairkan kucuran terakhir paket dana talangan yang ditawarkan Zona Euro dan Dana Moneter Internasional.

Presiden Eurogroup, Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem mengatakan ia berharap ada tindakan yang segera diambil dalam proses itu, menyusul pertemuan penting 19 menteri keuangan zona Euro sehari sebelumnya.

Pada pertemuan para menteri Jumat, Yunani dikritik karena tidak bersikap proaktif dalam mempersiapkan dan mengajukan langkah-langkah reformasi yang diminta serta tidak menghargai tenggat yang kian dekat. Athena akan segera kehabisan dana tunai, dan tanpa kucuran terakhir dana talangan itu, Yunani tidak akan mampu membayar utang-utangnya.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengisyaratkan bahwa Berlin, kreditor Eropa terbesar bagi Yunani, bersiap-siap menghadapi kemungkinan Yunani gagal membayar utangnya.

Berbicara kepada para wartawan setelah pertemuan yang tegang dengan para sejawatnya hari Jumat, Schaeuble ditanya apakah para menteri keuangan zona Euro sedang menggarap rencana alternatif jika perundingan mengenai pemberian dana untuk Athena gagal.

Schaeuble menjawab, “Anda seharusnya tidak bertanya tentang alternatif kepada para politisi yang bertanggung jawab.” Ia menambahkan, mungkin perlu imajinasi untuk membayangkan apa yang mungkin terjadi.

Schaeuble mengisyaratkan bahwa jika ia menjawab dengan mengukuhkannya, ia akan menimbulkan kepanikan.

Dua bulan lalu, Yunani memastikan diri mendapat persetujuan dari zona Euro untuk menerima kucuran terakhir dana talangan sekitar US$7,7 miliar, jika negara itu mengajukan reformasi yang disepakati bersama.

Sementara itu, para gubernur Yunani dan pejabat setempat lainnya hari Sabtu setuju untuk meminjamkan dana tunai untuk pemerintah pusat setelah Perdana Menteri Alexis Tsipras memberi mereka jaminan bahwa situasi sekarang ini akan hanya akan berlangsung sebentar.

Parlemen Yunani Jumat malam mengesahkan sebuah dekrit untuk memaksa entitas-entitas negara bagian meminjamkan dana tunai bagi pemerintah pusat, meskipun diprotes oleh pemerintah kotapraja dan serikat-serikat pekerja.

XS
SM
MD
LG