Tautan-tautan Akses

Yordania dan Suriah Saling Usir Diplomat


Duta Besar Suriah Bahjat Suleiman diberi waktu 24 jam untuk meninggalkan Yordania (26/5).

Duta Besar Suriah Bahjat Suleiman diberi waktu 24 jam untuk meninggalkan Yordania (26/5).

Yordania mengusir duta besar Suriah dan memicu Suriah untuk melakukan pembalasan dengan melarang diplomat tinggi Yordania masuk ke negara itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania hari Senin (26/5) mengatakan Duta Besar Suriah Bahjat Suleiman diberi waktu 24 jam untuk meninggalkan negara itu.

Dalam pernyataan yang disampaikan kantor berita pemerintah Yordania – Petra – dinyatakan, Suleiman menggunakan posisinya di Yordania untuk melancarkan apa yang disebutnya “tuduhan tidak berdasar” terhadap kerajaan itu dan sekutu-sekutunya.

Juru bicara Kemenlu Yordania menambahkan, Suleiman berulangkali menyampaikan penghinaan tentang negara itu dalam pertemuan, tulisan dan sosial media.

Dalam beberapa pesan yang dipasang di media sosial, Suleiman mengecam Yordania karena menerima baterai rudal Patriot Amerika untuk menangkis ancaman perang saudara Suriah. Ia juga menuduh Yordania menyediakan tempat perlindungan yang aman bagi para pembelot tentara Suriah.

Suriah dengan cepat menanggapi keputusan Yordania itu dan hari Senin mengumumkan bahwa pihaknya telah mempersona-non-grata kuasa usaha Yordania di Damaskus. Pejabat-pejabat Yordania mengatakan diplomat itu sedang tidak berada di Suriah.

Yordania menjadi tempat penampungan 600 ribu pengungsi dari Suriah akibat perang saudara di negara itu.
XS
SM
MD
LG