Tautan-tautan Akses

Wyclef Jean Tak Penuhi Syarat sebagai Capres Haiti


Artis hip hop Wyclef Jean berpidato di hadapan para pendukungnya di Haiti.

Artis hip hop Wyclef Jean berpidato di hadapan para pendukungnya di Haiti.

Dewan pemilu menolak pencalonan artis hip hop itu karena tak memenuhi syarat tinggal di Haiti selama lima tahun sebelum pemilu.

Dewan pemilu Haiti memutuskan hari Jumat malam bahwa artis hip hop Wyclef Jean tidak memenuhi persyaratan untuk mencalonkan diri menjadi presiden negara pulau yang miskin dan telah diporak-porandakan oleh gempa bumi itu.

Jean, yang selama ini tinggal di Amerika Serikat, menerima putusan dewan tersebut dan mendesak para pendukungnya untuk berbuat serupa. Dia mengatakan “kita harus menghormati pemerintahan berdasarkan hukum” supaya Haiti bisa menjadi negara yang besar.

Dewan pemilu itu menolak pencalonan Jean karena dia tidak memenuhi persyaratan telah tinggal di Haiti selama lima tahun sebelum pemilu dilaksanakan.

Jean mengatakan meskipun dewan pemilu memutuskan demikian – dalam kata-katanya – “dimana hati kita, disitulah rumah atau kampung halaman kita, dan hati saya selama ini dan akan selalu berada di Haiti.”

Pemusik kelahiran Haiti yang berusia 40 tahun itu adalah diantara 34 calon presiden yang dipertimbangkan oleh dewan pemilu, yang menyetujui 19 orang calon dan menolak 15 calon lainnya.

Diantara orang-orang yang disetujui untuk ikut bersaing dalam pemilu presiden tanggal 28 November yang akan datang adalah dua mantan perdana menteri Haiti, yaitu Jacques Alexis dan Yvon Neptune.

XS
SM
MD
LG