Tautan-tautan Akses

Wyclef Jean akan Ajukan Banding Keputusan KPU Haiti


Penyanyi hip-hop Wyclef Jean, saat tampil dalam pertunjukan konser PBB untuk penggalangan dana bagi pemberantasan HIV/AIDS.

Penyanyi hip-hop Wyclef Jean, saat tampil dalam pertunjukan konser PBB untuk penggalangan dana bagi pemberantasan HIV/AIDS.

Penyanyi hip-hop Wyclef Jean dianggap tak memenuhi persyaratan untuk maju sebagai Capres dalam pemilu di Haiti bulan November.

Penyanyi hip-hop Wyclef Jean mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan Dewan Pemilu Haiti yang mencegahnya maju dalam pemilu presiden November nanti.

Musisi kelahiran Haiti berusia 40 tahun itu merupakan satu dari 34 calon yang dipertimbangkan Dewan Pemilu Haiti, yang kemudian hanya menyetujui 19 kandidat dan menolak 15 lainnya. Dewan Pemilu Haiti hari Jumat mengatakan Jean tidak memenuhi persyaratan menetap selama lima tahun di Haiti, yang dibutuhkan untuk mencalonkan diri.

Kuasa hukum Jean sebelumnya telah mengatakan, mereka sudah menyampaikan dokumen yang menunjukkan kalau Jean memenuhi syarat kelayakan.

Wyclef Jean merupakan satu diantara selebriti yang pertama kali bergabung mengupayakan bantuan bagi Haiti, menyusul gemba bumi 12 Januari lalu, yang menewaskan lebih dari 200 ribu orang dan membuat lebih dari satu juta lainnya kehilangan tempat tinggal. Jean telah memberikan bantuan pada tanah airnya lewat Yele Hati Foundation yang didirikan pada tahun 2005.

Organisasinya itu telah mengumpulkan jutaan dollar bagi Haiti selepas gempa bumi tersebut. Namun demikian organisasi itu juga dikritik karena tuduhan penyimpangan keuangan dan menyewa perusahaan akuntan yang baru setelah tuduhan itu mengemuka. Jean juga menghadapi pertanyaan seputar hutang pajak di Amerika.

XS
SM
MD
LG