Tautan-tautan Akses

Warga Tibet Pelaku Bakar Diri Meninggal di China


Warga Tibet di New York memprotes kebijakan Beijing dengan membawa para korban aksi bakar diri (10/3).

Warga Tibet di New York memprotes kebijakan Beijing dengan membawa para korban aksi bakar diri (10/3).

Thinley Namgyal (32 tahun) meninggal akibat luka bakar beberapa menit setelah membakar diri dan menjadi orang ke 131 yang melakukan protes seperti itu.

Seorang Tibet lainnya telah melakukan aksi bakar diri di provinsi Sichuan di China dan menjadi orang ke 131 yang melakukan protes dengan cara membakar diri sejak 2009.

Tawu Lobsang Jinpa, seorang warga Tibet di pengasingan Dharamsala, India mengatakan kepada VOA bahwa Thinley Namgyal usia 32 tahun meninggal akibat luka bakar beberapa menit setelah membakar diri.

Thinley Namgyal adalah pelaku bakar diri yang ke empat di kabupaten Tawu, Sichuan, daerah Tibet yang bersejarah. Karena aksi bakar diri sebelumnya, pengamanan dan sejumlah larangan di daerah itu telah ditingkatkan.

Tidak jelas mengapa Thinley Namgyal melakukan aksi bakar diri, tapi sebagian besar pelaku bakar diri menggunakan tindakan itu untuk menyerukan kepulangan Dalai Lama dan kebebasan bagi warga Tibet.

Pemerintah Tibet di pengasingan telah mendesak warga Tibet agar tidak mengambil tindakan drastis semacam itu dan pemerintah Amerika telah mengimbau China untuk menyelesaikan masalah Tibet itu dengan melanjutkan kembali dialog dengan wakil-wakil Dalai lama.

China yang belum mengomentari aksi bakar diri yang paling akhir ini mencap demonstrasi bunuh diri sebelumnya sebagai aksi terorisme.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG