Tautan-tautan Akses

2 Lagi Biksu Tibet Bakar Diri sebagai Protes


Seorang biksu memegang foto pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama di kamarnya di biara Labrang di Xiahe, provinsi Gansu. (Foto: Dok)

Seorang biksu memegang foto pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama di kamarnya di biara Labrang di Xiahe, provinsi Gansu. (Foto: Dok)

Dua orang biksu membakar diri Minggu (16/3) sebagai protes atas kekuasaan China.

Sumber-sumber memberitahu siaran VOA bahasa Tibet VOA, Losang Paiden, bahwa seorang biksu dari biara Kirtit di provinsi Sichuan, China, membakar diri dekat biara itu. Pasukan keamanan Tiongkok membawa Paiden tetapi tidak jelas apakah ia masih hidup atau sudah meninggal dunia.

Biksu yang kedua membakar diri di daerah suku Tibet, China barat laut.

Kantor berita resmi China, Xinhua mengatakan, biksu tersebut berasal dari biara Shaderi di Huangnan, daerah otonom Tibet di provinsi Qinghai. Keadaan biksu itu juga tidak diketahui.

Sejak 2009, lebih dari 120 warga Tibet yang menuntut pemulangan pemimpin Tibet Dalai Lama dan kebebasan Tibet telah membakar diri.

Pemerintahan Tibet di pengasingan di Dharamsala, India, telah mendesak warga Tibet agar jangan mengambil tindakan sedrastis itu, dan pemerintah Amerika meminta kepada China agar menyelesaikan masalah Tibet dengan dilanjutkannya dialog dengan para wakil Dalai Lama.
XS
SM
MD
LG