Tautan-tautan Akses

Warga Kurdi Pasang Video Penyelamatan Sandera di Irak Utara


Gambar dari cuplikan video yang diambil dengan kamera yang dipasang pada helm anggota pasukan gabungan AS dan Kurdi dalam pembebasan sandera ISIS di Irak utara (foto: dok).

Gambar dari cuplikan video yang diambil dengan kamera yang dipasang pada helm anggota pasukan gabungan AS dan Kurdi dalam pembebasan sandera ISIS di Irak utara (foto: dok).

Video itu menunjukkan serbuan gabungan pasukan AS dan pejuang Kurdi-Pashmerga atas penjara ISIS di Irak utara minggu lalu yang berhasil membebaskan 69 tawanan.

Video yang dipasang di internet hari Minggu (25/10) dilaporkan menunjukkan serbuan gabungan pasukan Amerika dan pejuang Pashmerga atas penjara ISIS di Irak utara minggu lalu yang membebaskan 69 tawanan.

Dalam video berdurasi dua menit yang diambil dari kamera yang dipasang di helm dan disebarkan oleh Dewan Keamanan Regional Kurdistan, beberapa pasukan komandoberseragam tampak memimpin kelompok laki-laki dengan cepat bergerak diantara kamar-kamar sementara tembakan tanpa henti terdengar di dekatnya.

Tentara mengawal puluhan tawanan untuk berlindung di kompleks itu.

Anggota Pasukan Keamanan Irak (KRSC) termasuk diantara tawanan yang dibebaskan dari penjara di Hawijah Kirkuk barat. KRSC hari Kamis mengatakan enam militan ISIS ditahan dan 20 orang lainnya tewas dalam operasi itu.

Seorang tentara Amerika, Sersan Kepala Joshua L. Wheeler tewas dalam penyerbuan itu yang menjadi korban pertama bagi pasukan Amerika di darat selama operasi pimpinan Amerika melawan ISIS di Irak dan Suriah.

Pejabat Amerika dan Kurdi mengatakan operasi penyelamatan itu dilancarkan karenapara tawanan mungkin akan segera menghadapi eksekusi.

“Kita sekarang mendengar dari tawanan yang diselamatkan mereka diperkirakan akan dieksekusi hari itu sebelum sembahyang subuh” kata Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter hari Jumat. “Liang lahat mereka sudah disiapkan”. [my]

XS
SM
MD
LG