Tautan-tautan Akses

AS

Koalisi Identifikasi Anggota Pasukan Khusus AS yang Tewas di Irak


Sersan Joshua Wheeler, tewas dalam pertempuran melawan ISIS. (Foto: US Army via AP)

Sersan Joshua Wheeler, tewas dalam pertempuran melawan ISIS. (Foto: US Army via AP)

Koalisi pimpinan AS di Irak telah mengidentifikasi anggota pasukan khusus Amerika yang tewas ditembak militan Negara Islam dalam misi penyelamatan di Irak utara.

Seorang juru bicara koalisi mengidentifikasi Sersan Joshua Wheeler Jumat (23/10). Dia adalah tentara AS pertama yang tewas dalam pertempuran setahun ini melawan ekstremis ISIS.

Wheeler luka parah dalam operasi penyelamatan bersama yang melibatkan tentara AS dan pejuang Kurdi Irak yang menggerebek kompleks ISIS di Hawijah, di barat Kirkuk. Pasukan khusus Amerika dan Irak membebaskan sekitar 70 sandera, termasuk sedikitnya 22 anggota pasukan keamanan Irak, yang kabarnya akan segera dieksekusi para penculik mereka.

Terlepas dari kematian Wheeler, Pentagon tetap membantah bahwa pasukan Amerika Serikat dalam misi tempur di Irak. Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan puluhan pejuang Kurdi dan Amerika ambil bagian dalam misi penyelamatan Rabu malam dan Kamis pagi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kurdi Irak.

Wheeler kena tembakan senjata ringan dalam operasi itu, kata Departemen Pertahanan AS. Dia adalah anggota pasukan khusus Angkatan Darat AS yang berbasis di Fort Bragg, North Carolina. [as]

XS
SM
MD
LG