Tautan-tautan Akses

Vietnam Jatuhkan Hukuman Berat bagi 3 Blogger Anti Pemerintah


Pemerintah komunis Vietnam menindak keras para blogger yang dituduh menyebarkan propaganda menentang pemerintah (foto: ilustrasi).

Pemerintah komunis Vietnam menindak keras para blogger yang dituduh menyebarkan propaganda menentang pemerintah (foto: ilustrasi).

Pemerintah Vietnam telah menjatuhkan hukuman terhadap tiga orang blogger yang dinyatakan bersalah menyebar propaganda melawan pemerintah.

Ketiga blogger itu dijatuhi hukuman karena memasang tulisan-tulisan mereka di Internet mengenai pelanggaran hak asasi, korupsi dan kebijakan luar negeri pemerintah Vietnam.

Ketiga terpidana, seorang perempuan dan dua lelaki, divonis hari Senin (24/9) di kota Ho Chi Minh, setelah melalui peradilan yang hanya berlangsung selama beberapa jam.

Presiden Barack Obama menyebut nama blogger Vietnam, Nguyen Van Hai dalam sebuah pidato tahun ini. Van Hai dijatuhi hukuman 12 tahun dalam vonis pengadilan di Ho Chi Minh tersebut.

Sementara, blogger Ta Phong Tai, seorang mantan polisi yang ibunya membakar diri untuk memprotes perlakuan terhadap anaknya, dijatuhi hukuman 10 tahun. Blogger ketiga, Phan Thanh Hai dijatuhi hukuman empat tahun.

Amerika segera mengecam vonis itu. Kelompok-kelompok HAM internasional mengecam pengadilan itu dan menyerukan agar ketiga blogger dibebaskan.
XS
SM
MD
LG