Tautan-tautan Akses

Ibu Blogger Vietnam yang Dipenjara Tewas Bakar Diri


Seorang blogger Vietnam yang merahasiakan identitasnya (foto: dok). Pemerintah Vietnam melakukan pengawasan ketat terhadap para blogger yang mengritik pemerintah.

Seorang blogger Vietnam yang merahasiakan identitasnya (foto: dok). Pemerintah Vietnam melakukan pengawasan ketat terhadap para blogger yang mengritik pemerintah.

Ibu seorang penulis blog terkemuka Vietnam yang masih dipenjara telah meninggal setelah membakar diri sebagai protes atas penahanan puterinya.

Sebuah organisasi HAM Vietnam mengatakan ibu seorang penulis blog terkemuka yang dipenjara telah meninggal setelah membakar diri sebagai protes atas penahanan puterinya. Aksi bakar diri adalah aksi pembangkang yang jarang di Vietnam, di mana para pemimpin Komunisnya menerapkan pengawasan ketat atas masyarakat.

Jaringan berita Vietnamese Redemptorist News mengatakan sang ibu, Dang Thi Kim Lieng, Senin pagi membakar dirinya dekat sebuah kantor pemerintah lokal di kota Bac Lieu.

Organisasi HAM Kristen itu mengatakan perempuan beragama Katolik itu meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit akibat luka-lukanya. Putrinya, Ta Phong Tan, adalah satu dari tiga penulis blog Vietnam yang kini diadili atas tuduhan melakukan propaganda menentang Partai Komunis yang berkuasa.

Ta Phong Tan adalah bekas polwan yang mulai bekerja sebagai wartawan paruh waktu tahun 2004 dan mendirikan blog Justice and Truth tahun 2006, dengan menulis ratusan artikel tentang masalah sosoal dan korupsi pejabat. Pihak berwenang menangkap dan menahan perempuan berusia 40an tahun itu sejak September lalu.

Aksi bakar diri ibunya adalah yang pertama dilaporkan di Vietnam sejak tahun 1970an.
XS
SM
MD
LG