Tautan-tautan Akses

Venezuela Harus Bayar ExxonMobil Ganti Rugi 908 Juta Dolar


Presiden Venezuela Hugo Chavez banyak dikecam karena langkahnya menasionalisasi perusahaan-perusahaan minyak asing di Venezuela.

Presiden Venezuela Hugo Chavez banyak dikecam karena langkahnya menasionalisasi perusahaan-perusahaan minyak asing di Venezuela.

ExxonMobil menuntut ganti rugi empat tahun lalu setelah pemerintah Venezuela menasionalisasi tambang minyak Cerro Negro di kawasan Orinoco.

Sebuah pengadilan arbitrasi memutuskan Venezuela harus membayar 908 juta dollar kepada perusahaan minyak raksasa ExxonMobil karena menasionalisasi perusahaan itu.

ExxonMobil tadinya minta ganti rugi tujuh milyar dollar dalam tuntutan yang diajukannya empat tahun lalu setelah Venezuela mengambil-alih proyek tambang minyak Cerro Negro di kawasan Orinoco.

Presiden Venezuela Hugo Chavez juga memerintahkan perusahaan minyak pemerintah untuk mengambil-alih tiga proyek join-venture lainnya yang dijalankan oleh perusahaan-perusahaan minyak asing. Klaim ganti rugi untuk ketiga proyek itu masih akan disidangkan.

Hugo Chavez banyak mendapat kecaman karena memaksakan kontrol pemerintah atas industri perminyakan Venezuela dengan melakukan nasionalisasi perusahaan-perusahaan minyak asing, sehingga membuat para investor asing enggan untuk melakukan bisnis di sana.


XS
SM
MD
LG