Tautan-tautan Akses

Presiden Venezuela Buka KTT Amerika Latin


Pembukaan KTT dua hari para pemimpin Amerika Latin, yang meresmikan blok regional baru Community of Latin American and Caribbean States [CELAC] di Caracas, Venezuela (2/12).

Pembukaan KTT dua hari para pemimpin Amerika Latin, yang meresmikan blok regional baru Community of Latin American and Caribbean States [CELAC] di Caracas, Venezuela (2/12).

Presiden Venezuela Hugo Chavez telah membuka KTT dua hari para pemimpin Amerika Latin, untuk meresmikan blok regional baru yang tidak melibatkan Amerika dan Kanada.

Para pemimpin kawasan berkumpul di Caracas hari Jumat sewaktu ke-33 anggota Community of Latin American and Caribbean States atau CELAC diluncurkan.

Tidak seperti Organization of American States OAS yang bermarkas di Washington, CELAC akan bermarkas di Kuba, yang merupakan salah satu negara anggota. Presiden Kuba Raul Castro dan Presiden Brazil Dilma Rousseff merupakan dua dari sejumlah pemimpin yang menghadiri perundingan Caracas.

Ketika ditanya tentang tidak diikusertakannya Amerika dalam kelompok itu, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Mark Toner mengatakan Amerika akan terus bekerjasama dengan negara-negara Amerika Latin melalui OAS.

KTT ini seharusnya diadakan pada bulan Juli bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Venezuela yang ke 200. Pertemuan itu ditunda karena menunggu sembuhnya Presiden Hugo Chavez setelah pembedahan untuk membuang tumor ganas.

Pemimpin Venezuela itu tidak mengatakan jenis kanker apa yang dideritanya, tetapi mengatakan ia telah mengalahkan penyakit itu. Presiden Chavez sebelumnya telah mengatakan ia akan cukup sehat untuk berkampanye dan memenangkan pemilu kembali untuk masa jabatan enam tahun lagi pada 2012. Hugo Chavez yang kini berusia 57 tahun, telah berkuasa sejak tahun 1999.

XS
SM
MD
LG