Tautan-tautan Akses

Venezuela Bayar ExxonMobil 255 Juta Dolar


Kilang Minyak ExxonMobil di Bayton, Texas (Foto: dok).

Kilang Minyak ExxonMobil di Bayton, Texas (Foto: dok).

Perusahaan Minyak Venezuela, Petroleos de Venezuela (PDVSA) akan membayar ganti rugi sebesar 255 juta dolar kepada ExxonMobil dalam waktu 60 hari.

Perusahaan minyak negara Venezuela mengatakan mereka akan membayar perusahaan minyak raksasa Amerika ExxonMobil 255 juta dolar sebagai ganti rugi atas harta yang dinasionalisasi, kurang dari sepertiga dari jumlah yang disebut perusahaan Amerika itu ditetapkan oleh dewan arbitrasi.

Petroleos de Venezuela atau PDVSA mengatakan hari Senin bahwa uang tersebut akan dibayar kepada perusahaan Amerika itu dalam waktu 60 hari. PDVSA juga mengatakan perusahaan itu akan mengurangi hutang Exxon dari jumlah ganti rugi semula 907 juta dolar.

Perusahaan tersebut juga menyebut keputusan itu pembelaan yang berhasil, dengan mengatakan ExxonMobil semula menuntut ganti-rugi sekitar 12 milyar dolar. Belum ada tanggapan dari ExxonMobil atas komentar PDVSA itu.

ExxonMobil mengusahakan arbitrasi setelah pemerintahan Presiden Venezuela Hugo Chavez menasionalisasi proyek minyak tahun 2007. Perusahaan itu juga mengajukan kasusnya kepada mahkamah Bank Dunia.

Presiden Chavez telah membuat reformasi minyak pusat rencananya untuk menciptakan revolusi sosialis abad ke-21 di Venezuela.

XS
SM
MD
LG