Tautan-tautan Akses

Utusan Perdamaian Internasional Brahimi Tiba di Damaskus


Utusan PBB dan Liga Arab Lakhdar Brahimi (kiri) tiba di ibukota Suriah, Damaskus Jumat (19/10).
Utusan PBB dan Liga Arab Lakhdar Brahimi (kiri) tiba di ibukota Suriah, Damaskus Jumat (19/10).

Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem hari Sabtu pagi.

Utusan perdamaian internasional Lakhdar Brahimi tiba di Damaskus, Jumat, untuk pembicaraan dengan para pejabat Suriah mengenai gencatan senjata sementara dalam konflik 19 bulan antara pasukan Suriah dan kelompok pemberontak.

Utusan PBB-Liga Arab itu dijadwalkan bertemu Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem hari Sabtu pagi. Ia juga diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Bashar al-Assad dalam lawatan ini.

Utusan perdamaian itu mendesak para pejabat Suriah agar mendukung gencatan senjata selama empat hari perayaan Idul Adha mulai 26 Oktober. Sekjen PBB dan Liga Arab hari Jumat mengeluarkan pernyataan yang mendesak dilakukannya gencatan senjata semasa periode keagamaan.

Brahimi memberitahu wartawan, Kamis, usai bertemu Menteri Luar Negeri Yordania bahwa penghentian permusuhan tersebut dapat membangun rasa saling percaya dan ikut mewujudkan gencatan senjata untuk jangka lebih lama dalam konflik 19 bulan ini.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu juga mengimbau pasukan Suriah dan kelompok-kelompok pemberontak agar mematuhi gencatan senjata.

Recommended

XS
SM
MD
LG